Honda Accord 2023 Dipatenkan di Indonesia, Indikasi Segera Dijual?

27 January 2023 | 11:36 am | Indra Alfarisy

Gambar paten atas nama Honda Motor Co. Ltd muncul di pengumuman Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual pada 16 Januari lalu. Gambar tersebut menunjukan sebuah sedan empat pintu dan kami yakin ini adalah Honda Accord 2023 (generasi sebelas) yang diperkenalkan global November 2022 di Amerika Serikat.

Honda Accord 2023

Yang menarik, paten ini didaftarkan sejak 8 Juni 2022. Honda Prospect motor memang punya banyak rencana tahun ini. Meski jujur, kehadiran gambar ini membuat kami terkejut. Ini perkembangan baru karena yang santer terdengar adalah akan datangnya dua SUV berteknologi elektrifikasi. 

Tapi kami tertarik karena Honda Accord 2023 yang baru (CY) punya beberapa hal yang menarik perhatian kami.

Simple Minimalis Kelihatan Mahal

Accord merupakan sedan mid-size yang berhadapan langsung dengan Toyota Camry. Di Indonesia, penjualannya memang tidak terlalu membanggakan namun mobil ini punya potensi. Khusus generasi sebelas, bentuknya berubah banyak dan terlihat lebih menarik.

Honda Accord 2023 US

Paras depannya tampak sederhana tapi modern dengan lampu depan LED yang berdesain tipis, mengapit grill utama. Di bawahnya, tambahan air dam yang bentuknya tidak kompleks dan mudah dipahami. Tampang begini biasanya tidak cepat membuat bosan.

Dari samping, menurut Honda Amerika, meski platformnya sama seperti sebelumnya tapi Accord sekarang lebih panjang 71 mm. Meski kami sudah bosan dengan pewarnaan pelek two-tone (polish-silver dan hitam) tapi desainnya di mobil ini terlihat menarik. Ada dua ukuran, 17 dan 19 inci. Tergantung varian.

Baca juga :  Lima Mobil Baru Hyundai Datang Tahun Ini, EV Bertambah Satu

Honda Accord

Bagian belakangnya juga tampak elegan dengan tatanan lampu yang lagi-lagi terlihat sederhana tapi tidak membosankan. Bagasinya terlihat tebal, mengingatkan kami pada Accord generasi ketujuh.

Interior, kalau versi US, dibekali dengan trim warna piano black. Di dashboardnya ada imbuhan ornamen bermotif mesh (jaring), seperti yang juga ada di Civic dan CR-V terbaru. Layar multimedia tentu hadir. Tergantung variannya, layar infotainment berukuran antara 7-inci atau 12,3 inci. Yang pasti standar pada semua tipe adalah display 10,2 inci untuk informasi berkendara di depan pengemudi.

Interior Accord baru

Mesin & Suspensi Accord 2023

Di balik bonnet Honda memberikan dua opsi. Mesin 1,5 liter turbo bertenaga 192 hp/260 Nm, atau 2.0 liter hybrid bertenaga (kombinasi) 204 hp dengan torsi puncak 335 Nm.

Mesin yang pertama tentu tidak asing lagi. Terpasang di Civic dan CR-V turbo. Yang kedua juga sebetulnya sudah beredar cukup lama. Inilah yang terpasang pada Honda CR-V Hybrid yang juga akan masuk ke Indonesia tahun ini.

Di bawah mobil, terepasang platform yang sebetulnya sama seperti sebelumnya. Namun engineer Honda melakukan kalkulasi ulang untuk mendapatkan chassis yang lebih rigid. Selain itu, suspensi ditingkatkan performanya serta melakukan pelebaran jarak pijak roda depan hingga 15 mm. Hasilnya, Honda Accord 2023 diklaim memiliki handling yang lebih baik.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x