Honda: Brand Non Eropa Terbanyak Menang di Grand Prix Italia

28 August 2024 | 6:00 pm | Aldi Prihaditama

Honda menjadi pabrikan non Eropa bahkan satu-satunya pabrikan non Eropa, yang paling banyak mencatat kemenangan di seri balap F1 Grand Prix (GP) Italia, di sirkuit Monza. Rasanya belum ‘sah’ buat pabrikan otomotif jika belum pernah menang balap di sirkuit dengan julukan ‘The Temple of Speed’ ini.

Sejak pertama kali dihelat pada tahun 1950, Honda tercatat pernah memenangi sebanyak delapan kali seri balap F1 Grand Prix Italia. Debut Honda di ajang balap Formula 1, ialah pada Grand Prix Jerman 1964. Honda kemudian berhasil meraih kemenangan di ajang balap F1 di Grand Prix Meksiko 1965.

Untuk GP Italia, Honda tercatat pertama kali berhasil memenangi di tahun 1967, bersama John Surtees. Ketika itu, Honda memenangi GP Italia berstatus sebagai manufaktur, sekaligus juga tim pabrikan. Honda menjadi tim pabrikan di F1 dalam dua era yaitu 1964 hingga 1968, dan 2006 hingga 2008.

Honda kemudian baru bisa memenangi lagi GP Italia di era 1980an, sebagai pemasok mesin. Lalu berhasil meraih kemenangan di GP Italia tahun 1986 dan 1987 bersama tim Williams. Kedua kemenangan beruntun tersebut diraih oleh Nelson Piquet Sr. Dilanjutkan dua tahun kemudian, Honda kembali mememangi lagi GP Italia 1989 bersama tim McLaren, diraih oleh Alain Prost.

Baca juga :  New Toyota Fortuner 2024 Resmi Diluncurkan

Tren kemenangan Honda di sirkuit Monza berlanjut di tahun 1990 oleh tim McLaren, kali ini dipersembahkan oleh Ayrton Senna. Tim McLaren Honda kemudian kembali memenangi GP Italia 1992, juga diraih oleh Senna.

Honda kemudian baru bisa meraih kemenangan lagi di GP Italia pada tahun 2020 atau di era mesin Turbo Hybrid. Kemenangan tersebut dipersembahkan oleh Pierre Gasly dari tim Scuderia AlphaTauri, yang kini menjadi Visa Cash App Racing Bulls. Dua tahun kemudian, Honda kembali meraih kemenangan di GP Italia, bersama Max Verstappen dan tim Red Bull Racing.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x