Honda Brio Laris, Segmen MPV Mulai Digerus SUV

16 March 2023 | 9:53 am | Indra Alfarisy

Honda Prospect Motor mencatatkan kenaikan penjualan retail selama bulan Februari 2023. Kenaikan sebesar 10 persen dibanding bulan sebelumnya ini, dipicu oleh larisnya Honda Brio. Hatchback compact tersebut terjual sebanyak 5.156 unit.

Angka penjualan retail (dari dealer ke konsumen) Honda sendiri mencapai 12.069 unit. Angka tersebut tidak membuat rangking Honda naik di daftar penjualan retail Gaikindo selama bulan Februari. Mereka tetap berada di urutan ketiga di bawah Daihatsu yang mencatat 17.013 unit. Merek yang paling laris tetap Toyota dengan angka 25.250 unit.

HOnda HR-V 2023

Di luar Brio, deretan produk Honda lainnya mendapatkan angka penjualan ritel yang cukup baik. Honda HR-V mencatat penjualan sebanyak 2.295 unit. Lalu All New Honda BR-V 2.096 unit. Pendatang baru, Honda WR-V terjual 1.318 unit. Honda CR-V sebanyak 628 unit. Sisanya ada Honda City Hatchback sebanyak 357 unit, Honda Mobilio sebanyak 75 unit, Honda Civic RS 87 unit, Honda Accord sebanyak 29 unit dan Honda City 28 unit.

“Kami berterima kasih kepada konsumen dimana permintaan terhadap Honda Brio masih tinggi pada bulan Februari. Selain itu hal ini juga didukung dengan membaiknya pasokan Honda Brio. Sehingga secara wholesales, Brio kembali menjadi model mobil dengan penjualan tertinggi di Indonesia,” kata Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM.

Baca juga :  Berpotensi Jadi Bahaya, Chery Recall Tiggo 5X Pro di Filipina

Billy juga berharap bulan Maret ini trennya akan terus berlanjut. “Honda menghadirkan berbagai program penjualan menarik dan juga kami hadir di pameran GJAW oleh karena itu kami percaya kami peningkatan tren penjualan dapat terus berlanjut pada bulan ini,” tambahnya.

MPV Mulai Kurang Peminat?

Kalau Anda perhatikan, Sepertinya kendaraan tipe SUV atau Crossover cukup dominan. Ini bukan cuma berlaku untuk Honda. Kami belum mendapatkan data ritel untuk merek lain, tapi kalau melihat penjualan secara wholesales (dari pabrik ke dealer), yang memesan SUV/Crossover lebih banyak dari MPV.

Mitsubishi Xpander Cross 2023

Contohnya Mitsubishi. Wholesales Xpander bulan Februari didominasi oleh Xpander Cross tipe tertinggi dengan jumlah 1.486 unit. Versi Xpander varian Ultimate hanya 33 unit. Contoh lain, Toyota hanya mendapatkan wholesales Veloz Q AT TSS sebanyak 448 unit. Tapi Rush GR Sport AT, biarpun mobil ini sudah harus ganti model, tapi dipesan sebanyak 1.274 unit.

Lalu apakah MPV akan benasib seperti sedan? Terlalu cepat untuk menilai seperti itu. Yang jelas pabrikan seperti Hyundai sudah ambil ancang-ancang. Mereka menyiapkan Stargazer ‘Cross’. Mitsubishi juga sudah punya senjata baru untuk mengganjal Honda HR-V dan Hyundai Creta. Keduanya diperkirakan akan diungkap tahun ini.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x