Jualan Lumayan, Hyundai Stargazer Akan Punya Versi ‘Cross’ Tahun Ini?

3 March 2023 | 2:44 pm | Indra Alfarisy

Beberapa bulan lalu, kami mendeteksi Hyundai Indonesia sedang mempersiapkan mobil baru. Bentuk dikatakan mirip Stargazer, namun ditingkatkan. Dugaan kami Hyundai Stargazer Cross. Tapi karena tidak ada bukti kongkrit yang bisa ditampilkan, maka tidak terlalu kami anggap serius.

UPDATE: Hyundai Stargazer X Meluncur

Namun seusai IIMS 2023 lalu, bukti kalau mobil baru itu sedang dalam persiapan mulai terkuak. Stargazer dengan imbuhan over fender tebal dan kap mesin yang berbeda. Sayang, kami belum bisa menampilkannya untuk Anda karena menjaga kerahasiaan narasumber. Sementara Hyundai Indonesia sendiri tidak mau berkomentar saat kami hubungi.

Hyundai Stargazer 2022

Lalu laman informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor DKI menampilkan sebuah nama yang asing. Diantara deretan mobil Hyundai. Namanya KS X GLS 4×2 AT dan KS X Top 4×2 AT. Harga dasarnya (sebelum pajak, profit dan sebagainya) masing-masing Rp 205 juta dan Rp 219 juta.

KS adalah kode Hyundai untuk MPV Stargazer. Huruf X yang membuat kami yakin, Hyundai Stargazer Cross akan segera hadir.

NJKB KS X

Interior belum ada penampakannya. Tapi mesin diperkirakan sama dengan Stargazer yang ada sekarang. Transmisi otomatis (AT) yang dibawa juga mungkin bukan tipe konvensional, tapi CVT versi Hyundai (IVT). Intinya, kemungkinan sektor penggerak akan sama.

Untuk eskterior, seperti dikatakan tadi, ada imbuhan over fender tebal di keempat sudut. Kap mesinnya agak berlekuk di pinggir. Perubahan ini diperkirakan akan menghilangkan lampu ‘katulistiwa’ yang jadi ciri khas Stargazer di sela kap mesin. Selebihnya, masih buram.

Baca juga :  All New Mercedes-Benz G-Class Hadir Dengan Mesin Diperkecil

Kalau memang perkiraan kami soal Stargazer Cross tepat, mobil ini akan meramaikan pasar crossover MPV bersama dengan Mitsubishi Xpander Cross dan Suzuki XL7.

Penjualan Hyundai Stargazer Cerah

Bulan Januari lalu, Hyundai Stargazer mencetak penjualan secara wholesales (APM ke dealer) sebanyak 2.374 unit untuk semua varian. Paling laris adalah varian Stargazer PRime 6-seat sebanyak 1.031 unit.

Sementara itu, Hyundai Stargazer juga jadi mobil paling laris di booth Hyundai di IIMS 2023. Merek Korea Selatan ini mencatatkan 747 pemesanan. Selama acara berlangsung (16-26 Februari), Hyundai mendapatkan total pemesanan sebanyak 1.560 unit.

Hyundai Stargazer

Pesaing Mitsubishi Xpander cs ini ditenagai mesin empat silinder 1.497 cc dengan daya puncak 113,4 hp pada 6.300 rpm. Torsi puncaknya 144,2 Nm tersedia di 4.500 rpm.

Harga Hyundai Stargazer paling murah adalah Rp 247,2 juta. Tipe termahal menyentuh Rp 311,8 juta (OTR Jakarta).

4.7 3 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x