Honda Civic Type R FL5 TCR Siap Berlaga April 2023

16 December 2022 | 3:00 pm | Aldi Prihaditama

Honda Performance Development (HPD) dan JAS Motorsport mengumumkan kehadiran Honda Civic Type R FL5 TCR untuk musim kompetisi motorsport di tahun 2023. Mobil balap terbaru ini berbasis Honda Civic Type R FL5 generasi terbaru yang baru saja diperkenalkan beberapa bulan silam di Amerika. Kesuksesan varian Touring Car Racing (TCR) yang selalu menggunakan produk Type R telah berlangsung sejak tahun 2015.

Keunggulan mobil ini di antaranya ialah desain eksterior yang seluruhnya baru dan sejumlah fitur penunjang aerodinamika untuk mendongkrak daya cengkeraman saat dipacu di lintasan balap. Chassis baru juga dioptimalkan untuk menghasilkan stabilitas di tikungan dan meningkatkan tingkat keselamatan di kecepatan tinggi. Perangkat pengereman dan sistem transmisi turut kena upgrade. Sedangkan mesin 4 silinder 2.0 liter tentu mendapat settingan balap.

Kabin Honda Civic ini dirancang ulang sesuai dengan regulasi keselamatan global dari FIA paling akhir, namun tetap memberikan aspek ergonomis bagi si pembalap. Kokpit dilengkapi dengan display multi-channel untuk dapat memberikan informasi relevan dari kondisi mobil kepada pembalap. Lebih lanjut, ada penyempurnaan pada sistem lampu, pendinginan kabin menuju pembalap, dan sistem pengereman ABS, termasuk sistem pengisian bahan bakar model ‘quick-fill’.

Honda Civic Type R TCR melanjutkan kolaborasi antara Honda Performance Development (HPD) dan JAS Motorsport yang telah berlangsung selama bertahun-tahun lamanya. Semua unit mobil balap dikembangkan di workshop JAS Motorsport di Italia dan dijual di Amerika untuk keperluan balap melalui HPD.

Baca juga :  Bikin Pabrik di Subang, Titik Awal Strategi VinFast di Indonesia

Honda Civic ini bakal melangsungkan debutnya pada event bulan April 2023 nanti, bersama sejumlah mitra seperti HART, LA Honda World, dan VGRT, dalam gelaran IMSA Michelin Pilot Challenge. Bahkan LA Honda World berencana untuk menurunkan dua unit mobil balap, yang dikemudikan oleh Ryan Eversley serta Matt Pombo.

Sedangkan VGRT ingin melanjutkan dobrakan mereka di musim balap tahun lalu, di saat Victor Gonzalez dan Karl Wittmer menggabungkan kemenangan di tahun 2022. Termasuk di final Petit Le Mans dan kemenangan di sirkuit Sebring.

Setiap mobil balap Civic Type R TCR turut membantu Honda untuk menjadi bagian dari FIA World Touring Car Champions dan sejumlah tim balap untuk meraih 397 kemenangan balap TCR serta 74 penghargaan lain secara global.

“Kami bangga untuk memperkenalkan Honda Civic Type R TCR terbaru, yang dirancang dan dibuat oleh JAS Motorsport di Italia. Kami juga berterima kasih kepada Honda atas komitmennya terhadap program TCR. Mobil balap ini telah mendapat sentuhan signifikan pada bagian chassis, mesin, suspensi, dan sistem rem,” ungkap Mads Fischer, TCR Project Leader dari JAS Motorsports TCR Project Leader.

“Civic Type R ialah salah satu mobil Honda yang ikonik. Karena terkenal dan telah dihomologasi secara global sebagai mobil balap, maka tidak mengherankan jika Civic Type R TCR ini menjadi unit HPD yang paling populer,” tutup John Whiteman, HPD Commercial Manager.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x