Honda CR-V Hybrid Balap Bertenaga Monster

22 February 2023 | 2:26 pm | Rizky Dermawan

Sudah cukup banyak mobil Honda Civic dan Accord yang dimodifikasi menjadi versi balap. Namun mobil balap berbasis SUV lansiran Honda yang satu ini mungkin baru kali ini Anda melihatnya. Ya, sebuah mobil balap berbasis CR-V.

Munculnya mobil ini berawal dari ide para engineer di Honda Performance Development (HPD) dan Auto Development Center (ADC) yang dibebaskan untuk berkreasi sebebas mungkin. Mobil balap bermesin hybrid? Mengapa tidak? Gassss..!

Comfortable Runabout Vehicle (CR-V) Hybrid versi balap ini sedianya akan debut perdana secara resmi pada 28 Februari 2023 mendatang.

Para perancang dan engineer Honda Performance Development belajar banyak dari partisipasi mereka di ajang balap Formula 1, INDYCAR dan IMSA Sports Cars. Teknologi yang digunakan pada mobil Honda (atau bermesin Honda) di arena balap tersebut kemudian diaplikasikan pada CR-V yang kini tengah disulap jadi sebuah mobil balap.

Hal pertama yang dilakukan pada CR-V Hybrid ini adalah rekonstruksi body dan sasis. Diet bobot adalah hal mutlak untuk sebuah mobil balap. Body dan panel interior standard tak lagi digunakan.

Panel body body CR-V Hybrid balap ini terlihat lebih kekar berotot dan bongsor. Body kit plus perangkat aerodinamika yang dibekalkan nampak menggunakan material serat karbon komposit yang bobotnya ringan. Sejumlah sirip pemecah angin dan lubang intake terlihat jelas pada body mobil ini.

Baca juga :  Sayonara Honda Super Cub 50...

Kelancaran aliran udara tak hanya berkaitan dengan gaya aerodinamika, namun juga berfungsi sebagai pendingin motor hybrid dan sistem pengereman pada keempat rodanya.

Sayangnya, tak dijabarkan secara rinci spek dan setting suspensi maupun sistem pengereman yang digunakan pada Honda CR-V Hybrid versi balap ini.

Mobil SUV Keluarga Bertenaga 800 HP

Yang paling membuat penasaran daei sebuah mobil balap tentu saja seputar output performa. Berapa tenaga dan torsi maksimumnya? Berapa sprint 0-100 km/jam serta top speednya?

Nah, pihak pabrikan untuk saat ini masih menutup rapat keran informasi dan tak menguraikan secara rinci perihal spek mesin maupun transmisi yang dibekalkan.

Hanya saja, output performa dari sistem penggerak hybrid pada monster balap ini digadang mampu memuntahkan daya 800 HP. Melonjak drastis empat kali lipat dari CR-V Hybrid Sport Touring yang output tenaganya ‘hanya’ 204 HP.

Meskipun tak disebutkan berapa output torsi maksimumnya, namun diperkirakan berada di kisaran 1000 Nm alias tiga kali lipat dari versi jalan raya yang torsi maksimumnya 334 Nm.

Lahirnya proyek CR-V Hybrid Racer tak hanya mewujudkan apa yang bisa diperbuat oleh para engineer di Honda. Namun membuktikan bahwa tak ada hal yang mustahil.

Benar-benar kreasi ‘liar’ yang menyulap sebuah SUV keluarga menjadi pelumat aspal sirkuit.

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x