Honda dan LG Energy Solution Siapkan Pabrik Baterai EV di AS

25 March 2024 | 8:49 am | Rizky Dermawan

Pabrik baterai kendaraan listrik antara Honda dan LG Energy Solution di Jeffersonville, Ohio, Amerika Serikat ditargetkan segera beroperasi akhir tahun 2024.

Fasilitas pembuatan ini dimulai pada Maret 2023 lalu dengan total investasi mencapai $4,4 miliar. Pabrik seluas 609.000 m2 ini akan memproduksi baterai berjenis lithium-ion tipe pouch mulai tahun 2025. Kemudian akan dipasok ke pabrik mobil listrik Honda di Amerika Utara.

Saat ini, proses konstruksi pabrik telah mencapai tahap akhir, dan berpotensi untuk menciptakan sekitar 2.200 pekerja baru kala memulai operasinya.

Pabrik baterai LG Solutions-Honda

Sejarah Baru

Bob Lee, CEO Joint Venture LG Energy Solution-Honda mengatakan bahwa, “Ini adalah tonggak penting bagi tim kami karena struktur fasilitas pabrik baterai EV sudah memasuki tahap konstruksi akhir.”

Honda juga berencana untuk meluncurkan hingga 30 mobil berbasis listrik pada tahun 2030. Ini dilakukan secara global dengan volume produksi mencapai 2 juta unit setiap tahunnya.

Rick Riggle, COO New Joint Venture Company LG Energy Solution-Honda menjelaskan bahwa, “Kami akan terus mengumumkan peluang karir baru yang akan menginspirasi tenaga kerja generasi mendatang untuk terlibat dalam peran manufaktur canggih dalam memproduksi baterai lithium-ion dan akan menggerakkan model EV Acura dan Honda yang akan diproduksi di Ohio pada akhir 2025.”

Honda, belakangan ini memang sedang getol membuat usaha patungan dengan berbagai pabrikan. Mereka mengejar target 2030 tadi, dengan bantuan perusahaan yang memang kompeten. Bahkan Nissan pun diajak kerjasama untuk mengembangkan mobil listrik. 

5 1 vote
Article Rating
Baca juga :  Mitsubishi ASX 2024 Diperlihatkan, Simpel Tapi Asik

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x