Honda e:N1 Beda Platform Dengan HR-V, Bisa Dibeli Tahun Depan

20 July 2024 | 8:19 am | Indra Alfarisy

Honda e:N1 dihadirkan di GIIAS 2024. Kalau Anda pikir ini HR-V dikonversi menjadi EV, tidak terlalu salah karena bentuknya mirip. Tapi di balik itu e:N1 adalah mobil yang berbeda total. 

Diperkenalkan di Cina sebagai Honda e:NS1 dan e:NP1 tahun 2022, lalu di Eropa sebagai e:Ny1 pada 2023. Untuk Asia Tenggara, disebut e:N1, debut perdana di Bangkok, Thailand bulan Maret 2024.

Platformnya menggunakan yang disebut e:N Architecture F. Platform khusus mobil listrik berpenggerak roda depan, yang mengedepankan tiga hal: Kekuatan rangka dan body, titik bobot yang serendah mungkin, serta under-floor aerodynamic (mengoptimalkan aerodinamika di bagian kolong mobil).

Honda e:N1 di GIIAS 2024

Bicara kolong, baterai yang tertanam di lantai berkapasitas 68.8 kWh. Diklaim dapat digunakan untuk menempuh maksimum 500 km untuk sekali pengisian daya penuh. Teknologi fast charging memungkinkan pengisian daya 80 persen dalam 50 menit. Dibanding mobil listrik yang ada sekarang, yang sudah bisa isi ulang baterai 10-80 persen dalam 30 menit, Honda sepertinya harus memperhatikan hal ini.

Interiornya bisa dilihat, ‘meminjam’ dari HR-V, tapi dimodifikasi untuk menampung layar infotainment 15,1 inci serta instrument cluster full digital berukuran 10,25 inci. 

Penting Untuk HPM

e:N1 juga jadi batu loncatan untuk Honda Prospect Motor karena mereka telah melakukan riset mendalam, sebelum memilih mobil ini sebagai kendaraan listrik pertama yang akan mereka pasarkan secara masal. Tapi harap sabar, karena e:N1 baru hadir tahun depan.

Baca juga :  GIIAS Surabaya 2024, Siap Hadirkan Konten Lebih Lengkap

Mengutip pernyataan resmi HPM, “Perkenalan Honda e:N1 merupakan bagian dari roadmap Honda di Indonesia menuju visi elektrifikasi. Untuk mencapainya, Honda telah melakukan riset dan studi untuk mempelajari kebiasaan dan kebutuhan konsumen dalam menggunakan kendaraan listrik.”

Masih menurut HPM, dalam melakukan riset tersebut, Honda bekerja sama dengan institusi pemerintah dan pendidikan. Dengan produk listrik Honda terbaru yaitu Honda N-VAN e:Prototype dan Honda e. Honda kemudian memperkenalkan Honda e:N1 sebagai kendaraan listrik pertama mereka di pasar Indonesia. Di mana produk ini merupakan mobil listrik (EV) SUV pertama Honda di dunia.”

Yusak Billy, Sales & Marketing And After Sales Director PT HPM mengatakan, “Mobil listrik Honda memiliki nilai lebih karena dirancang di atas pengalaman pengembangan beragam teknologi, serta telah teruji melalui berbagai produk yang diterima oleh konsumen selama puluhan tahun.” 

Kalau Anda ingin melihat langsung, silahkan mampir ke GIIAS dan datangi booth Honda di hall 6B.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x