Honda Forza 250 Terbaru, Makin Segar Dan Atraktif

30 December 2022 | 8:44 am | Rizky Dermawan

Ada kabar gembira bagi para pecinta skutik maxi seperempat liter. all-new Honda Forza 250 model 2023 diperkirakan bakal segera dipasarkan di Indonesia. Saat ini, Forza 250 terbaru sudah dipasarkan di Jepang. Akan kian ramai nampaknya segmen skutik maxi kelas 250 cc dan under 500 cc.

Adik dari Forza 350 spek Thailand dan Eropa ini tampilannya sangat identik dengan all-new Honda Forza 125 model 2023 yang telah dipasarkan di Eropa. Hanya saja, Honda Forza 250 versi facelift bodynya sedikit lebih bongsor dari versi 125 cc dan 150 cc.

Tak ada perubahan spek pada mesin 4-tak silinder tunggal 249 cc 4-katup SOHC berteknologi eSP+. Tetap berpendingin radiator, dengan kompresi 10.2:1 dan daya di kisaran 23 hp pada 7.750 rpm. Torsi maksimum 24 Nm pada 6.250 rpm.

Sedikit Penyegaran Tampilan

Tak banyak yang berubah pada edisi facelift ini, namun terdapat sedikit revisi dibandingkan model sebelumnya. Yang paling terlihat adalah bagian depan dan belakang.

Headlamp kini mengadopsi full LED ganda untuk meningkatkan daya jangkauan pencahayaan dan agar lebih hemat listrik. Lampu rem dan sein pun tak hanya berganti desain tampilan, namun juga telah menggunakan LED. Windshield tetap dapat diatur ketinggiannya secara elektrik dengan rentang pengaturan 15 cm.

Baca juga :  Kagama 4x4, Tetap Guyub dan Rukun di Usia Ketiga

Panel spidometer dan tachometer analog dikombinasikan dengan layar MID LCD. Kini mengalami penyegaran tampilan serta ukuranya sedikit lebih besar dari versi terdahulu. Iluminasi pada panel instrument sekarang jauh lebih terang untuk memudahkan pembacaan panel instrument, khususnya kapasitas BBM saat berkendara di malam hari.

Tanpa Koneksi HP

Pada area kompartemen depan terdapat soket USB yang dapat digunakan untuk charging baterai ponsel. Jika pada spek Forza 350 di Eropa dan Thailand dilengkapi fitur Honda Smartphone Voice Control System atau HSVCS yang dapat menginformasikan panggilan ponsel pada dasbor, Forza 250 tidak dilengkapi fitur tersebut. Hmm…sayang sekali.

Ya, terlepas dari kekecewaan akan absennya fitur tersebut, namun peraturan lalu lintas di Jepang sangatlah ketat. Nekat berponsel ria saat berkendara denda tilangnya tak main-main. Tak hanya nominalnya yang mencapai jutaan rupiah, SIM pengendara pun dapat digunting…waduh!

Honda Forza 250 dilengkapi sistem kontrol traksi HSTC seperti pada varian Forza lainnya untuk menunjang handling berkendara. Fitur lain yang dibekalkan yakni Honda Smart Key (HSK) serta lampu sein depan yang terintegrasi pada spion.

Sistem pengeremaan mengandalkan rem cakram pada roda depan maupun belakang. Sementara sebagai penopang body, roda depan dibekali velg alloy 15-inci berkelir titanium grey berbalut ban berukuran 120/70-15. Sedangkan pada roda belakang ditopang velg 14-inci berbalut ban berukuran 140/70-14.

Baca juga :  Toyota Crown Signia 2025: Ini Adalah Crown Era Baru

Skutik maxi ini di Jepang dipasarkan mulai dari ¥691.900 atau setara Rp 81 juta-an (off-the road). Pilihan warna hanya ada dua yakni Pearl Smokey Gray dan Matte Gunpowder Black Metallic.

Siap meminangnya saat meluncur di Indonesia?

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x