Honda Siapkan Teknologi Autonomous Level 3 Untuk 2029

1 December 2022 | 1:12 pm | Indra Alfarisy

Honda dikabarkan sedang mempersiapkan dengan serius, teknologi autonomous level 3 yang dicanangkan akan hadir di produk mobilnya pada tahun 2029 mendatang. Kemampuan gerak sendiri tersebut akan mencakup berbagai tingkat kecepatan.

Meski demikian, pabrikan Jepang ini sebetulnya sudah mulai memasarkan secara terbatas produk yang memiliki kemampuan tersebut. Honda Legend generasi terbaru, muncul tahun lalu, adalah mobil pertama mereka yang menerapkan autonomous level 3. Tidak banyak, hanya 100 unit yang dilengkapi fitur ini.

Honda Legend 2021

Untuk diketahui autonomous driving atau kemampuan pengendaraan otonom tingkat ketiga adalah teknologi dimana pengendara tidak perlu terlalu memperhatikan proses mengemudi. Dalam arti, mereka akan bisa berkendara sambil melakukan aktifitas lain, secara terbatas.

Honda Traffic Jam Pilot

Kemampuan fitur canggih yang dinamai Honda Traffic Jam Pilot ini bisa mulai berfungsi pada kecepatan 30 km/jam. Akan terus bekerja hingga kecepatan 50 km/jam. Setelah itu pengendara harus fokus mengemudi.

Untuk gambaran, saat jalan tol macet yang setiap saat terjadi di Jakarta, Traffic Jam Pilot akan mengambil alih pengendaraan. Anda yang di balik kemudi bisa sedikit rileks dan melakukan aktivitas lain seperti baca email, balas pesan di handphone dan sebagainya.

Honda Autonomous level 3

Saat kondisi lalu lintas memungkinkan untuk berkendara diatas 50 km/jam, sistemnya akan memberikan peringatan. Jadi kalau Anda ketiduran pun, yang mana hampir pasti akan terjadi, bisa langsung sadar dan berkendara kembali.

Baca juga :  KIA EV6 Facelift Segera Dipasarkan di Korea Selatan

Motivasi yang mendorong Honda untuk segera mengembangkan dan menerapkan teknologi itu adalah, target zero fatality akibat kecelakaan yang melibatkan mobil dan motor Honda paling lambat 2050 nanti.

“Kami yakin dengan mengejar teknologi autonomous driving level 3 ini, bisa mengurangi tingkat kecelakaan. Esensinya adalah membuat mobil yang tidak bisa tabrakan,” kata Honda engineer Mahito Shikama, seperti dikutip dari Reuteurs. Namun Shikama menolak menjawab sesegera apa fitur ini akan tersedia di mobil masal Honda.

Sebetulnya, fitur ini meski mungkin punya Honda akan lebih detail dan spesifik, sudah ada di beberapa mobil. Contoh yang pernah kami coba adalah Wuling Almaz. Kemampuan menjalankan dan menghentikan mobil saat mengalami kemacetan sudah ada. Tapi pasti akan ada kemajuan yang signifikan nanti.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x