Honda UR-V dan Avancier Alami Penyegaran Untuk Model 2024

20 December 2022 | 8:01 am | Rizky Dermawan

Setelah menampilkan versi facelift dari Breeze, Honda dan mitra manufakturnya di China akan segera melansir versi terbaru dari dua model crossover ukuran sedang spek pasar domestik RRC yakni UR-V dan Avancier untuk tahun 2024.

Meskipun menggunakan basis platform yang sama, namun UR-V dan Avancier diproduksi oleh dua mitra Honda yang berbeda. UR-V diproduksi oleh Dongfeng-Honda, sementara Avancier digarap oleh Guangqi Honda yang merupakan kemitraan antara Honda Motors dengan GAC.

Sentuhan Tampilan Eksterior UR-V

Berdasarkan foto resmi yang dirilis oleh Kementerian Industri dan Teknologi Informasi pemerintah RRC, crossover UR-V garapan Dongfeng Honda mengalami sentuhan ubahan pada kemasan eksterior.

Desain grille UR-V untuk model tahun 2024 mengalami perubahan desain dengan imbuhan aksen chrome pada bingkai grille. Ukuran emblem Honda pada bagian depan dan belakang pun terlihat lebih besar dari model sebelumnya.

Ubahan kosmetik eksterior pun diikuti dengan penambahan pilihan variasi model velg baru. Namun demikian baik velg standar maupun opsional tetap berukuran 19-inci.

Tak hanya mengalami sentuhan ubahan pada area eksterior, kemasan interior pun dikabarkan bakal mengalami penyegaran, khususnya pada layar head unit 8-inci model lawas yang selama ini digunakan.

Akankah konten interior termasuk panel layar digital terbaru dari Breeze akan diadopsi pada UR-V? Hmm…mungkin saja.

Baca juga :  Resmi, EV Murah Hyundai Dinamai Inster, Meluncur Akhir Bulan Ini

Avancier tak banyak berubah

Sementara saudara seplatform UR-V yakni crossover Avancier produksi Guangqi Honda lebih mengedepankan sentuhan pada sektor mesin dan fitur teknologi ketimbang ubahan pada tampilan eksterior.

Hal tersebut tentunya berkaitan dengan visi yang berbeda antara kedua manufaktur. Guangqi Honda tak terlalu mementingkan kosmetik tampilan. Selama mobil buatan mereka masih diminati oleh banyak konsumen, maka tak perlu repot mengubah tampilan.

Faktanya terlihat dari hasil penjualan antar kedua model. Sepanjang 11 bulan di tahun 2022, UR-V telah terjual sebanyak 26.000 unit. Sementara saudara seplatformnya yakni Avancier jauh lebih laris dengan angka penjualan sebanyak 40.000 unit untuk periode yang sama.

Akan tetapi dengan munculnya Breeze facelift yang juga diproduksi oleh Guangqi Honda, terdapat kemungkinan konten fitur yang diusung oleh Breeze juga bakal dibekalkan pada Avancier.

Revisi performa mesin UR-V dan Avancier

Pemberlakuan regulasi emisi gas buang yang kian ketat membuat pihak pabrikan harus merevisi racikan mesin yang diusung agar sesuai regulasi yang ditetapkan pemerintah RRC. Hal tersebut tentunya berimbas pada output mesin.

Kedua model baik UR-V maupun Avancier mengusung variant mesin dan transmisi yang sama. Dengan pengetatan emisi gas buang, maka diprediksi akan terjadi pemangkasan output performa.

Dan benar saja. Mesin bensin 4-silinder segaris 1.5 L turbocharged Earth Dreams VTEC berkode L15B7 yang diusung variant FWD bertransmisi CVT dikabarkan mengalami revisi output performa dari 193 hp menjadi 185 hp.

Baca juga :  Indonesia Jadi Basis Rantai Pasok Mobil Listrik GAC Aion Untuk Global

Demikian pula dengan variant AWD bertransmisi automatic 9-speed ZF 9-HP. Mesin bensin 4-silinder segaris 2.0 L turbocharged Earth Dreams VTEC berkode K20C3 yang diusung output tenaganya dikebiri dari 268 HP menjadi 257 HP.

Untuk sementara kedua pabrikan baik Dongfeng Honda maupun Guangqi Honda belum mengungkap lebih banyak, sejauh mana perubahan yang akan terjadi pada kedua model tersebut baik UR-V maupun Avancier. Nah, kita tunggu kabar selanjutnya perihal dua model crossover ini dalam waktu dekat.

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x