Husqvarna Norden 901 Diluncurkan di Indonesia!

25 August 2022 | 7:02 pm | Indra Alfarisy

Inilah Husqvarna Norden 901. Motor adventure yang diklaim mumpuni untuk berbagai macam medan. Kami tidak meragukan klaim itu, harganya yang bikin ciut. Motor gagah ini diluncurkan hari ini (25/08/2022) di Jakarta, dengan harga Rp 500 jutaan (OFR). Kami bilang 500 jutaan karena PT Premium Motorindo Abadi hanya menyebutkan harga kisaran.

Husqvarna Norden 901 hadir pertama kali di gelaran EICMA di Milan tahun 2019 lalu. Konsep teknisnya adalah motor jarak jauh yang ringan dan bertenaga serta mampu memberikan kepuasan berkendara sejauh apapun. Itu kata yang buat. Sekarang mari kita lihat apa yang disuguhkan.

Selain instrument cluster digital berwarna untuk informasi berkendara, duduk di rangka tralis Husqvarna Norden 901 adalah mesin twin paralel berkapasitas 899 cc. Mampu memuntahkan 105 hp plus torsi 100 Nm. Disalurkan melalui transmisi 6-speed manual (pastinya). Tangki ukuran 19 liter diklaim bisa menjalankan motor hingga 400 km. Kalau terasa familiar, ini karena mesinnya serupa dengan KTM 890 Adventure. Kenapa bisa? Karena KTM dan Husqvarna adalah satu induk.

Bantuan Berkendara Berlimpah

Rangkanya tadi, didesain agar memiliki bobot yang ringan dan sanggup menggendong pengendara, penumpang juga boks motor berisi barang. Kakinya ditopang oleh suspensi WP APEX dengan jarak main (travel) yang panjang. Suspensi ini, selain kokoh di berbagai medan juga diklaim mampu memberikan kenyamanan.

Baca juga :  Honda Brio dan HR-V Masih Jadi Primadona Penjualan PT HPM

Pelek depan berukuran 21 inci, sementara belakang 18 inci dibalut ban Pirelli Scorpion. Untuk meredam laju, digunakan rem cakram di kedua roda, yang dilengkapi sistem ABS dengan mode pengeremannya. Apakah off road atau on road. ABS ini dibuat oleh Bosch.

Selain itu, untuk memaksimalkan pengendalian, dibekali Cornering Motorcycle Traction Control (MTC) yang bekerja berdasarkan sudut kemiringan motor saat berbelok. Utamanya di medan off road. Ada juga Riding Mode yang dibagi menjadi tiga: Street, Rain dan Offroad.

Kecanggihan lain yang tersemat adalah sistem ride by wire, alias gas tanpa kabel. Perpindahan gigi dibantu oleh Easy Shift, dimana sensor akan mendeteksi kaki Anda menggerakan tuas persneling dan ECU akan memerintahkan mesin untuk memberikan parameter yang sesuai. Akibatnya, selain tenaga akan tetap mengisi, perpindahan gigi akan terasa halus.

PMA mendatangkan sebanyak 15 unit untuk tahun ini. Dan semuanya sudah laku terjual. Kami heran, kenapa barang bagus begini selalu keduluan oleh orang lain.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x