Hyundai Kona Generasi Kedua Resmi Diumumkan

22 December 2022 | 3:11 pm | Indra Alfarisy

Beberapa hari lalu, Hyundai resmi mengumumkan kehadiran Hyundai Kona generasi kedua. Karena ini adalah model yang sama sekali baru, maka wajar saja kalau bentuknya berbeda total. Lebih futuristis, baik di luaran maupun interior.

Yang menarik adalah, Hyundai mendesain Kona baru sebagai mobil listrik (EV) dulu. Setelah jadi, baru desain tersebut diadopsi oleh varian hybrid, mesin konvensional (ICE, Internal Combustion Engine) dan Kona N Line. Makanya, bentuknya bisa futuristik begitu.

Hyundai Kona gen 2

Dari depan, semua seragam. Ada light bar di kap mesin yang membentang dari kiri ke kanan. Lampu utama ada di bawahnya, sejajar bemper. Yang membedakan antara EV dan varian lain adalah, adanya grill bawah model pixel. Kona konvensional dan hybrid, di bagian ini terlihat lebih terbuka untuk memberikan asupan udara ke radiator dan mesin. Sedangkan versi N Line tampak lebih agresif dengan palang tebal membelah grill.

Dari samping, Kona hybrid dan ICE over fender diwarnai hitam. Sedangkan EV dan N Line sewarna body. Terlihat kokoh dengan pelek berdesain kaku. Khusus Hyundai Kona N Line, diberikan juga spoiler belakang, side skirt warna silver serta sepasang lubang knalpot di pojok kiri dan kanan.

Hyundai Kona 2024 ICE

Di bagian belakang, senada dengan depan dan seperti Hyundai kekinian, ada lampu LED yang membentang dari kiri ke kanan. Lampu rem dan lainnya diletakan di pojokan bemper.

Baca juga :  Tujuh Tahun Wuling Melaju di Indonesia

Kabin Bersih dan Minimalis

Dimensi panjang Hyundai Kona generasi kedua ini mencapai 4.355 mm. Atau lebih panjang sekitar 150 mm dari Kona EV yang ada sekarang. Lebarnya 1.825 atau bertambah 25 mm. Sedangkan wheelbase, kini memanjang 60 mm menjadi 2.660 mm.

Karena jarak sumbu roda lebih panjang, kabinnya diperkirakan akan lebih lega. Interior Kona terbaru terlihat minimalis dan bersih. Kesan modern diwakili oleh penggunaan sepasang layar monitor berukuran 12,3 inci yang dibingkai dalam satu frame. Karena mencoba untuk tampil bersih dan minimalis ini, desainer Hyundai memindahkan tuas transmisi ke kolom setir.

Interior Kona baru

Di tumpukan konsol tengah ada ventilasi AC dan pengaturannya. Ada juga beberapa kenop, tapi belum diketahui apa kegunaannya. Mungkin untuk pengaturan sistem multimedia. Tidak lupa sunroof juga tersedia.

Kursi belakang juga terlihat rapi. Ruang kaki sepertinya akan lega kalau melihat bentuk sandaran kursi depan yang melengkung begitu.

Tapi Hyundai belum mengumumkan spesifikasi resmi. Di rilis yang kami terima, hanya disebutkan spesifikasi akan diumumkan dalam beberapa waktu ke depan.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x