Hyundai Resmikan Museum FIFA Di Qatar

16 December 2022 | 7:00 pm | Rizky Dermawan

Hyundai Motor Company menghadirkan Museum FIFA yang dipersembahkan saat FIFA Fan Festival di Doha, Qatar. Sebagai bagian dari kampanye ‘Goal of the Century’ Piala Dunia FIFA 2022. Pameran spesial dengan tema ‘Goals Create History’ ini, dipersembahkan untuk mengenang momen dan gol terbaik sepanjang sejarah Piala Dunia FIFA.

Hyundai membangun museum FIFA menggunakan teknik konstruksi tanah dengan teknik rammed earth. Konstruksi memungkinkan bagian luar bangunan kembali ke alam tanpa menghasilkan limbah saat terurai. Hyundai berkolaborasi dengan Architectural Consulting Group Grimshaw, Inggris dan agensi desain Uniplan asal Jerman untuk konstruksi pameran ini.

Interior museum dibangun dari bahan daur ulang. Sementara sisi eksterior bangunan juga diwujudkan dengan kombinasi tiang gawang lapangan sepak bola yang menjadi satu melambangkan solidaritas dan persatuan menuju ‘Goal of the Century’.

Banyak Penampilan Hal Bersejarah

Saat pembukaan museum, trofi pemenang Piala Dunia FIFA 2022 juga dipamerkan secara bersamaan di bagian khusus museum ini. Sedangkan, untuk piala Jules Rimet, trofi Piala Dunia FIFA asli untuk pergelaran antara tahun 1930 dan 1970 juga dipamerkan bagi para pengunjung sepanjang pameran berlangsung.

Para pengunjung juga dapat melihat tampilan ‘Rainbow of Shirts’, kaos ikonik dari 32 tim nasional yang berlaga pada ajang Piala Dunia FIFA. Dengan pameran khusus yang didedikasikan untuk setiap peserta Piala Dunia FIFA sejak 1930. Termasuk memperlihatkan benda yang memiliki ciri khas dari masing-masing tim. Lengkap dengan kisah dari setiap barang tersebut. Selain itu, dilakukan juga pemutaran film ‘The Final’ berdurasi 8 menit.

Baca juga :  Gazoo Racing: Tidak Ada EV Dalam Rencana Kami!

Hyundai juga menampilkan kaos kampanye Goal of The Century yang bertanda tangan Tim Century, dan interpretasi masing-masing anggotanya mengenai ‘The Greatest Goal’ yang mereka miliki.

Untuk merayakan momen tersebut, Unsoo Kim, Executive Vice President of Hyundai Motor India, Middle East & Africa Strategic Region, dan Jisung Park, anggota Tim Century dan Mantan Kapten Tim Nasional Sepak Bola Korea Selatan, bergabung dalam pembukaan museum. Bersama Direktur Pelaksana Museum FIFA Marco Fazzone serta tiga Duta Museum FIFA terpilih. Yaitu pemenang Piala Dunia FIFA 2006 Italia Gianluca Zambrotta, pemenang Golden Ball Piala Dunia FIFA 2010 Uruguay Diego Forlan. Tidak ketinggalan legenda penjaga gawang Swiss, Pascal Zuberbühler.

Karya Seni Kontemporer

Hyundai juga meresmikan karya seni ‘The Greatest Goal’ oleh seniman kontemporer Italia, Lorenzo Quinn. Karya ini menyerupai bingkai raksasa dengan bentuk dua tangan yang saling berpegangan di bagian atasnya. Bermakna menciptakan ‘Dunia yang bersatu untuk keberlanjutan.’ Karya tersebut berukuran tinggi 7,7 meter dengan lebar 18,25 meter. Ukuran tersebut setara sekitar tiga kali ukuran tiang gawang sepak bola.

Untuk informasi, selama FIFA World Cup 2022 Hyundai menyediakan 616 armada kendaraan. Dari armada tersebut ada 446 kendaraan penumpang. Lebih dari setengahnya (226 unit) adalah model hybrid electric (HEV) dan battery electric (BEV).

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x