Indahnya Genesis Hypercar X Gran Berlinetta Edisi Jacky Ickx

19 April 2024 | 3:02 pm | Rizky Dermawan

Genesis adalah merek mobil mewah dari Hyundai Group, yang sejak beberapa tahun lalu mulai melangkah ke zona hypercar eksotis. Dibuktikan melalui Genesis X Gran Berlinetta Concept yang khusus dibuat untuk Jacky Ickx. Seorang pembalap legendaris dari Formula 1, rally Dakar hingga Le Mans.

Versi standar dari mobil konsep Genesis X Gran Berlinetta debut perdana pada Desember 2023 lalu sebagai studi desain untuk video game Gran Turismo. Mobil ini merupakan wujud nyata filosofi desain “Athletic Elegance” dari brand Genesis.

Sebagai penghormatan untuk sang legenda balap asal Belgia ini, Genesis mengemas tampilan X Gran Berlinetta secara khusus.

Genesis X Gran Berlinetta Jacky Ickx ini diluncurkan di Swiss pada pekan lalu. Tentu saja tampilannya berbeda dari versi konsepnya. Jika versi awal berkelir Magma Orange, versi Jacky Ickx dilabur warna Midnight Blue plus aksen racing stripe warna putih pada kap mesin.

Livery pada bodi mobil ini sama persis seperti helm Ickx. Sangat kontras dengan pelek alloy ala mobil balap Le Mans berkelir Gold.

Tenaga 1.071 HP!

Tak hanya desain tampilan dan sasis saja. Genesis juga melakukan pengembangan mesin hybrid high performance yang bakal diterapkan pada model produksi mereka nantinya.

Genesis X Gran Berlinetta

Mesinnya V6 Lambda II di bagian depan, namun posisinya agak mundur ke belakang yang umum disebut front-mid mounted engine. Biasanya terdapat pada mobil sport dan GT (Grand Touring). Sama seperti pada konsep Genesis Vision GT yang diperkenalkan tahun 2023 lalu.

Baca juga :  Indonesia Jadi Basis Perakitan Kedua GAC Aion di ASEAN

Tak disebutkan berapa kapasitasnya, namun dikatakan mampu memuntahkan tenaga 870 hp. Masih ditambah lagi dengan sebuah motor elektrik hybrid berdaya 150 kW atau setara 201 hp.

Kombinasi sistem hybrid ini menghasilkan tenaga sebesar 1.071 hp! Sedangkan torsi maksimumnya yang 1.337 Nm membuat Genesis X Gran Berlinetta masuk dalam liga hypercar.

Siapa Jacky Ickx?

Para remaja era sekarang mungkin tak terlalu mengenal siapa Jacky Ickx. Tapi pada masa kejayaannya, peraih gelar juara 24 Hours of Le Mans sebanyak 6 kali ini pamornya sangat disegani dan digandrungi para kawula muda dan wanita.

Prestasinya tak hanya di Le Mans. Pembalap seangkatan Niki Lauda dan James Hunt ini membukukan delapan kemenangan (termasuk 25 kali naik podium) di balap Formula 1. Ia melahap gurun Sahara yang ganas dengan Mercedes-Benz G-Class dan jadi juara rally Paris-Dakar 1983.

Total sebanyak 37 gelar juara dari beraneka cabang balap mobil diraih oleh Ickx di sepanjang kariernya. Hanya hitungan jari saja pembalap yang memiliki prestasi seperti ini.

Genesis Switzerland memamerkan mobil Genesis X Gran Berlinetta Tribute Concept dalam sebuah seremoni khusus di tepi danau Jenewa. Bekerjasama dengan brand jam tangan mewah asal Swiss yakni Chopard, yang memamerkan jamnya yang aduhai.

 

 

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x