Indomobil Siap Bikin EV GAC Aion Versi Lokal

24 May 2024 | 4:00 pm | Aldi Prihaditama

Indomobil Group kembali mengutarakan komitmennya untuk mendukung pengembangan kendaraan listrik (EV) di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dari kerjasama bersama GAC Aion, salah satu produsen mobil listrik asal Cina. Langkah ini sebagai upaya bersama membentuk ekosistem kendaraan listrik yang menyeluruh, dari hulu hingga hilir.

Indomobil dan Aion telah menandatangani akta kerjasama pada April 2024 silam. Melalui kerja sama ini, memungkinkan perakitan, penjualan, serta pengembangan produk GAC Aion di Indonesia. Sekaligus mengembangkan industrialisasi kendaraan GAC Aion yang akan dijual secara resmi di Tanah Air.

“Pada akhir tahun ini, kami akan mulai produksi secara Completely Knocked Down (CKD) di salah satu fasilitas pabrik kami. Secara bertahap, kami akan membangun ekosistem lengkap, termasuk mendirikan fasilitas komponen mobil listrik,” kata Andry Ciu, CEO PT Indomobil Energi Baru.

Pabrik GAC Aion di Indonesia tidak hanya akan memenuhi permintaan dalam negeri tetapi juga menjadi basis ekspor ke mancanegara. Untuk tahap awal, model mobil listrik GAC Aion Y Plus yang akan diperkenalkam pada Juni mendatang. Tak ketinggalan, segera dilaksanakannya uji jalan Aion Y Plus, untuk menjelajahi sejumlah titik destinasi di Indonesia.

GAC Aion dikenal sebagai salah satu produsen mobil listrik yang mengembangkan dan memproduksi teknologi inti, seperti baterai, motor listrik, dan pengatur listrik secara mandiri. Fasilitas perakitan GAC Aion di Indonesia akan berada di bawah naungan PT Nasional Assemblers yang berada di Cikampek. Indonesia akan menjadi negara kedua di Asia Tenggara, yang pertama ialah Thailand.

Baca juga :  GAP Gallery Mulai Beroperasi di Gading Serpong

“Dengan komitmen kuat dari Indomobil Group dan GAC Aion, masa depan kendaraan listrik di Indonesia tampak cerah. Kami yakin kolaborasi strategis ini akan mendisrupsi industri otomotif nasional melalui rangkaian inovasi teknologi yang dimiliki oleh GAC Aion,” pungkas Andry Ciu.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x