Ini Juara FORWOT Cars & Motorcycle Of The Year 2023

26 December 2023 | 9:13 am | Indra Alfarisy

Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) akhirnya mengumumkan pemenang mobil dan motor terbaik tahun 2023. Yang menarik adalah, tahun ini ada kategori baru yaitu mobil listrik, hybrid dan motor listrik. Tentunya semua sudah dijual di Indonesia. Kegiatan FORWOT Cars & Motorcycle Of The Year ini juga bersamaan dengan hari jadi FORWOT ke-20. Dilangsungkan di Jakarta 22 Desember 2023 lalu. 

Pemilihan mobil dan motor listrik ini dimotori oleh Forwot dan 21 juri yang merupakan anggota Forwot. Termasuk kami. “Seluruh juri telah menentukan pemenang FORWOT Cars of The Years dengan memilih satu mobil terbaik dari tiga kategori yang dilombakan. Dengan adanya penetapan mobil-mobil terbaik versi FORWOT, diharapkan akan memacu dan dapat menjadi pendorong industri otomotif Indonesia dalam memberikan produk-produk berkualitas baik bagi para konsumen dalam negeri maupun mancanegara,” ungkap Ketua Dewan Juri Forwot Cars of The Year 2023, Mufrod.

Setiap juri memberikan penilaian berdasarkan Desain, Kenyamanan, Keselamatan, Performa, Handling, Fungsionalitas, Pengalaman Berkendara serta Harga. Dalam setiap penilaian kategori, masing-masing juri dibekali 25 point yang harus habis dibagikan ke para finalis. Juri diperkenankan untuk memberikan 10 point hanya kepada 1 model pada setiap kategori. Penjurian digelar secara tertutup, serta mengedepankan profesionalitas.

Kejutan mobil Listrik

Untuk kategori mobil bermesin konvensional, atau ICE(Internaal Combustion Engine) Chery Omoda 5 sukses meraih nilai tertinggi dengan 131 poin. Di kelompok mobil hybrid, juaranya mudah ditebak, Toyota Innova Zenix Hybrid mengantongi 157 poin. Sementara untuk mobil listrik, Wuling Air ev sukses jadi pemenang. Mobil ini mengantongi 129 poin. Mengalahkan Hyundai Ioniq 6, Kia EV6, Toyota bZ4X dan Neta V.

Baca juga :  Pertamina Nyatakan Siap Hadapi Puncak Lebaran 2024

Kami tidak terkejut juga kalau Air ev menang di FORWOT Cars & Motorcycle Of The Year 2023. Mobil mungil ini memang terobosan di segmen mobil listrik. Selain praktis di perkotaan dan penggunaan harian, isi ulang baterai yang mudah serta harganya terjangkau. Harganya juga yang membuat mobil ini jadi pembuka jalan untuk mereka yang mau punya EV untuk pertama kali.

Sementara untuk segmen sepeda motor, ada dua kategori yaitu ICE dan motor listrik. “Seluruh juri yang terlibat dalam FORWOT Motorcycles of the Year 2023 merupakan jurnalis-jurnalis berpengalaman, sehingga penilaian yang dilakukan benar-benar objektif. Semoga dengan adanya penghargaan ini bisa semakin memacu pertumbuhan industri otomotif, khususnya sepeda motor Tanah Air,” kata Ketua Dewan Juri FORWOT Motorcycles of the Year 2023, Ainto Harry Budiawan.

Untuk kategori motor dengan mesin konvensional, juaranya adalah Yamaha Xmax Connected. Skuter maxi ini mengantongi 154 poin. Lalu di kelas motor listrik berbasis baterai, Alva Cervo tampil sebagai juara dengan nilai 142 poin. 

“Hadirnya kategori-kategori baru yakni Hybrid Electric Vehicle termasuk Strong/Mild Hybrid dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle, serta BEV tak lepas dari tren kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Lewat penghargaan ini pula, kami ingin mengapresiasi para produsen yang telah meluncurkan teknologi elektrifikasi yang harapannya bisa membantu pencapaian target pemangkasan emisi dan menumbuhkan industri otomotif dalam negeri,” tegas Indra Prabowo, Ketua Umum FORWOT.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x