Ini Spesifikasi All New Astra Daihatsu Ayla!

16 February 2023 | 6:27 am | Rizky Dermawan

Meluncurnya Toyota All New Agya gen-2 dan Perodua Axia di Negeri Jiran, Malaysia dalam minggu ini menjadi kejutan baru bagi para penyuka hatchback Low cost Green Car (LCGC). Tak hanya itu, tak afdol jika tak menyebut nama Daihatsu Ayla untuk melengkapi jajaran ini.

Setelah dinantikan kemunculannya, akhirnya PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi memperkenalkan All New Astra Daihatsu Ayla di Indonesia.

Peluncuran ini dihadiri langsung oleh Chairman Daihatsu Motor Co.,Ltd., Japan, Sunao Matsubayashi; Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor, Yasushi Kyoda; dan Chief Executive PT Astra International Daihatsu Sales Operation, Supranoto.

Dalam acara perkenalan yang berlangsung di bilangan Senayan, Jakarta pada Rabu (15/2), ada sejumlah hal menarik seputar generasi kedua dari Daihatsu Ayla ini.

Ayla Usung Fitur Berkendara Baru

Anda tentu penasaran dan ingin mengetahui spesifikasi dan konten apa saja yang diusung oleh All New Daihatsu Ayla. Namun sayangnya pihak PT ADM belum membeberkan spesifikasi mobil ini secara lengkap.

Makin agresif! Secara bentuk All New Astra Daihatsu Ayla menampilkan kesan enerjik juga modern untuk sebuah LCGC. Tak hanya penampilan, Daihatsu Ayla terbaru ini juga telah dibekali dengan sejumlah fitur baru.

Fitur berkendara terbaru yang dibekalkan pada Ayla gen-2 ini adalah Hill Start Assist (HSA). Fitur ini berfungsi saat mobil tengah berhenti di tanjakan. Dengan adanya fitur HSA, mobil tak melorot ketika kaki anda berpindah posisi dari pedal rem ke pedal gas.

Baca juga :  Sederet Keyakinan Toyota Terkait Teknologi Hybrid

Fitur kedua yang tak kalah menarik yakni Vehicle Stability Control (VSC). Teknologi bantu berkendara ini berfungsi meningkatkan stabilitas berkendara.

Vehicle Stability Control (VSC) mampu mendeteksi dan mencegah gejala oversteer, understeer atau selip ban saat menikung.

“Dengan adanya fitur Vehicle Stability Control (VSC) pada All New Daihatsu Ayla, stabilitas berkendara menjadi kian meningkat,” terang Toshihiro Nakaho, Executive Chief Engineer of Daihatsu Motor Co., Ltd.

Fitur bantu stabilitas berkendara seperti VSC umumnya dibekalkan pada mobil kelas menengah keatas. Jadi, dapat dikatakan kualitas fitur berkendara yang diusung Ayla mengalami peningkatan drastis dan tak kalah dari model di kelas yang lebih tinggi.

Seperti dua saudara seplatformnya yakni Perodua Axia dan Toyota Agya, terdapat fitur lain yang dibekalkan pada Ayla yakni key-free dan push start stop engine. Nah, makin keren dan canggih bukan…

Suasana Kabin Usung Gaya Cockpit Driving

Meskipun sisi interior masih terbelenggu oleh gelapnya kaca film, namun kabin All New Ayla kabarnya akan mengusung gaya cockpit driving dengan sensasi berkendara ‘human centered design’. Selain itu area kabin dan bagasi yang lebih luas tentu akan membuat aktivitas berkendara menjadi lebih nyaman. Kami menduga, bentuk kabinnya serupa dengan kembarannya yang lain. 

Mesin Baru Lebih Bertenaga

Dan seperti yang telah kami prediksi sebelumnya, Daihatsu membekalkan mesin generasi terbaru pada Ayla 2023.

Baca juga :  Roadster Z3 Berjantung V12, Karena BMW Pernah Iseng

Daihatsu Ayla 2023_1

Ayla gen-2 kini dibekali dengan dua pilihan mesin baru yakni 1.2L 3-silinder 1.198 cc berkode WA-VE dan 1.0L VVT-i. Untuk output tenaga mesin 1.2L WA-VE ini berada di kisaran 87 hp yang dicapai pada 6.000 rpm. Sementara puntiran torsi puncak sebesar 113 Nm dikail pada putaran mesin 4.500 rpm.

Mesin non-turbo yang digunakan Daihatsu Rocky ini diwariskan kepada Ayla gen-2. Dan tak hanya mesin baru, transmisi baru pun dibekalkan pada citycar berbody compact ini.

Daihatsu Ayla kini hadir dengan transmisi baru Dual Mode Continuously Variable Transmission atau D-CVT. Dengan transmisi D-CVT, penyaluran tenaga mesin ke roda menjadi lebih halus. Konsumsi BBM pun menjadi lebih ekonomis.

Daihatsu Ayla Absen di IIMS 2023

Ada sedikit kabar mengejutkan. Pasalnya PT ADM tak akan memamerkan All New Daihatsu Ayla pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) tahun ini yang akan resmi dibuka di Jakarta pada 16 Februari 2023 Kamis esok.

“All New Ayla saat ini belum secara resmi dipasarkan di Tanah Air, jadi tidak akan dipamerkan di IIMS 2023,” terang Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu.

Para pengunjung IIMS dan juga calon konsumen yang penasaran ingin melihat secara langsung wujud All New Ayla nampaknya bakal sedikit kecewa. Pihak PT ADM pun untuk sementara masih menutup rapat informasi seputar All New Ayla, termasuk spek lengkap maupun rincian harga jual resminya.

Baca juga :  Tim Jejelogy GHP Bidik Juara Kelas T1G di AXCR 2024

Apakah strategi yang dilakukan kali ini merupakan langkah untuk ‘tes ombak’…membuat penasaran sambil memantau respon konsumen terhadap All New Ayla?

Nampaknya para konsumen dan juga kami harus sedikit bersabar hingga All New Ayla resmi dipasarkan. Beberapa bulan kedepan? Atau mungkin saat GAIKINDO Indonesia International Auto Show pada Agustus mendatang? Kita tunggu saja…

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x