Jepang Perkenalkan Honda ZR-V, Dijual Mulai Tahun Depan

22 November 2022 | 1:31 pm | Indra Alfarisy

Honda mengumumkan kehadiran ZR-V 2023 untuk pasar Jepang, yang akan mulai dipasarkan April 2023. Mobil ini menarik, karena inilah Honda HR-V yang sebetulnya dibuat untuk pasar Amerika.

Nama Honda ZR-V sendiri, memiliki arti Z Roundabout Vehicla. Yang menandakan kalau mobil ini membidik pasar generasi Z atau para milenial.

Bentuknya berbeda dari kebanyakan Honda. Terutama yang ada di Indonesia. Grill depan dengan slot vertikal yang menyatu dengan bemper. Tapi buritan lumayan membawa bahasa desain Honda. Dan mirip dengan Honda City Hatchback. Sudut kemiringan pilar C juga mengingatkan pada HR-V.

Honda ZR-V 2023

Posisi Honda ZR-V 2023 berada di antara HR-V (yang biasa dilihat di Indonesia) dan CR-V. platformnya berbagi dengan Honda Civic. Dimensinya lebih panjang 182 mm dibanding HR-V dengan angka 4.567 mm. Lebar 1.839 mm atau lebih lebar 49 mm. Tinggi 1.621 mm. Wheelbase ZR-V mencapai 2.654 mm. Bandingkan dengan Honda HR-V yang 2.610 mm.

Dari angka dimensi tersebut, kami rasa akan cocok kalau berhadapan langsung Toyota Corolla Cross.

Mesin Honda ZR-V 2023

Penggerak ZR-V ada dua opsi. Yang pertama adalah bermesin empat silinder segaris 1,5 liter. Sudah dilengkapi dengan turbocharger dan VTEC pastinya. Tenaga yang dihasilkan 176 hp dengan torsi 240 Nm. Tersedia dalam pilihan gerak roda depan atau AWD dengan transmisi CVT.

Baca juga :  Lexus ES Black Line Special Edition, Apa Lagi Ini?

 

Honda ZRV 2023

 

Opsi kedua adalah ZR-V Hybrid. Mengandalkan sistem e:HEV bermesin 2.0 liter, empat silinder. Tenaganya 139 hp. Kemudian penggerak listriknya memiliki kekuatan hingga 181 hp dengan torsi 315 Nm. Layaknya e:HEV, mesin bensin hanya untuk menyediakan daya ke baterai. Namun jika diperlukan, melalui transmisi e:CVT bisa juga menggerakkan roda. Seperti versi konvensional, varian hybrid tersedia dalam format FWD atau AWD.

Interiornya mirip dengan milik HR-V. Dashboard minimalis dengan tiga kenop pengendali AC di tengah dashboard. Layar monitor model floating, mungkin agak beda dengan yang ada di HR-V Indonesia.

Fitur yang disediakan cukup beragam. Ada Lampu depan LED, Instrument digital ukuran 10.2-inch, dual-zone climate control lengkap dengan ventilasi untuk penumpang belakang, pelek 18-inch, ambient lighting, lapisan kulit yang tersebar di kabin. Tersedia juga Honda Connect yang melengkapi infotainment system. Dan tentunya paket fitur bantu berkendara, Honda Sensing.

Interior Honda ZR-V

Harga Honda ZR-V di Jepang mulai dari Rp 365 jutaan hingga Rp 471,6 jutaan. Masih belum dipastikan apakah mobil ini akan dipasarkan juga di negara lain. Namun menarik untuk diperhatikan. Kami pernah diberitahu oleh Honda Prospect Motor kalau tahun depan akan ada dua mobil elektrifikasi Honda di Indonesia. Apakah ini salah satunya?

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x