Kawasaki ZX-6R Facelift Resmi Diluncurkan Di Amerika Serikat

12 June 2023 | 11:32 am | Rizky Dermawan

Kawasaki ZX-6R versi update untuk model tahun 2024 akhirnya tampil perdana di Amerika Serikat pada 6 Juni 2023. Motor supersport kelas 600 cc ini merupakan satu dari 16 produk baru yang diluncurkan oleh Kawasaki USA.

Potongan-potongan foto teaser pra-launching yang beredar di jagad maya selama beberapa bulan terakhir memang bikin penasaran. Lantas, apa saja update dan ubahan yang dilakukan Kawasaki pada ZX-6R?

Tampilan Sedikit Dikemas Ulang

Dilihat sekilas mungkin nyaris tak terlihat perbedaan antara ZX-6R 2024 dengan versi sebelumnya.

Namun saat dicermati ada perubahan pada bagian wajah. Desain headlamp kali ini bentuknya sedikit berubah. Lubang udara di fairing bagian depan posisinya tetap, masih berada di atas dan berbentuk segitiga.

Lekukan panel fairing seputar area winshield dan fairing samping mengalami ubahan minimalis. Sudut windshield kini agak lebih tegak. Bagian moncong ZX-6R pun terlihat lebih pendek dari sebelumnya. Jika dilihat dari samping, maka desain body ZX-6R kini terlihat lebih proporsional.

Silencer knalpot kini tampil dengan warna hitam dan tak lagi bernuansa chrome seperti sebelumnya. Demikian pula dengan fairing bagian samping yang tidak full, memperlihatkan crank-case berkelir hitam yang serasi dengan warna frame dan blok mesin.

Update Fitur

Dari segi fitur, Kawasaki mengimbuhkan sejumlah update teknologi pada ZX-6R versi 2024.

Baca juga :  Servis Lengkap di Hyundai Gowa, Supaya Aman dan Nyaman

Seluruh sistem lampu menggunakan LED. Panel speedometer TFT full colour 4,3 inch yang bisa terkoneksi dengan smartphone via Bluetooth untuk mengakses aplikasi Kawasaki Rideology. Panel layar sama seperti pada Z900 dan Z650.

Mode berkendara standar Sport, Rain dan Road kini ditambah dengan mode manual “Rider” untuk setting mandiri. Transmisi manual 6-speed model kaset tak berubah seperti versi sebelumnya.

Fitur KQS (Kawasaki Quick Shifter), Assist & Slipper Clutch dan KTRC (Kawasaki TRaction Control) tetap menjadi fitur berkendara unggulan yang dimiliki ZX-6R. Untuk model tahun 2024 ini ZX-6R mengalami upgrade pada sistem pengereman ABS yakni Kawasaki Intelligent Anti-Lock Brake System (KIBS). Nah, kabar baik bagi penyuka versi ABS.

Ubahan Setting Performa

Tak banyak yang berubah pada sektor mesin. ZX-6R masih mengusung mesin 4-silinder 636 cc DOHC berpendingin radiator.

Untuk meningkatkan pasokan udara ke mesin, ZX-6R kini dibekali box udara bervolume 5.09-liter. Aktivasi fitur RamAir kini pada putaran mesin yang lebih rendah.

Efisiensi kinerja mesin pun ditingkatkan guna menghasilkan kurva tenaga yang lebih baik di putaran bawah. Agar jeroan mesin lebih awet, bagian tepi piston kini dilapisi molybdenum untuk mengurangi gesekan pada dinding silinder. Saluran intake dan header pun turut mengalami revisi desain agar mesin kian responsif.

Suspensi Dan Rem

Suspensi depan masih dengan garpu upside down 41 mm dari Showa versi SFF-BP (Separate Function Fork – Big Piston). Pada kemudi dilengkapi steering damper lansiran Öhlins. Suspensi belakang menggunakan monoshock adjustable Uni-Trak.

Baca juga :  Wiper Buatan Bosch Dukung Keselamatan Berkendara

Yang mengalami sedikit ubahan adalah sistem rem. Roda depan masih menggunakan sepasang cakram 310 mm dengan kaliper monoblok 4-piston. Sebuah cakram 220 mm tetap dipetahankan pada roda belakang. Namun demikian desain cakram kini berubah dari model petal menjadi bundar.

Tak ada ubahan pada desain velg, namun kini dibalut ban Pirelli Diablo Rosso IV.

Pilih Versi ABS Atau Tanpa ABS?

Seperti pada versi sebelumnya, tersedia versi ABS maupun tanpa perangkat ABS dengan pilihan livery standar maupun KRT Edition.

Kawasaki Ninja ZX-6R tersedia dalam pilihan kombinasi warna Metallic Flat Spark Black/Ebony dan Pearl Robotic White/ Metallic Graphite Gray. Sedangkan untuk varian KRT Edition hadir dengan warna livery khas Lime Green/Ebony.

Label harganya mulai dari $11,299 atau sekitar Rp 168,2 jutaan untuk ZX-6R non-ABS dan $12,299 atau sekitar Rp 183 jutaan untuk versi ABS.

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x