Ini Hal Terbaru Yang Ditawarkan Kawasaki ZX-4RR KRT Edition

5 February 2023 | 12:00 pm | Rizky Dermawan

Sportbike 400 cc 4-tak bermesin 4-silinder sempat merajai pasar Amerika Serikat di era tahun ’80-’90an. Salah satunya adalah Kawasaki ZXR-400R yang begitu disukai para generasi muda era ’90an. Tapi kemudian Kawasaki entah kenapa tidak membuatkan penerusnya. Setelah hilang dari peredaran selama 30 tahun lebih, Kawasaki kembali membangkitkan era sportbike 400 cc. Ya, Kawasaki ZX-4RR KRT Edition baru saja launching di Amerika Serikat.

Kawasaki Ninja ZX-4R 2023

Label “Kawasaki Racing Team” disingkat KRT, yang disematkan pada ZX-4RR US-spec ini bukan sekadar gimmick. Racikan teknologi yang disematkan pada ZX-4RR merupakan andil dari Kawasaki Racing Team yang diadopsi dari motor balap WSBK.

Dari segi desain, body yang kekar dan fairingnya yang aerodinamis mengadopsi gaya ZX-25R. Sementara wajah garangnya mengingatkan pada sorot tatapan headlamp LED ZX-10R. Bagian ekornya yang pendek dan meruncing pun begitu kental dengan gaya ZX-25R.

Desain Mesin Baru Yang Beringas

Teknologi mesin yang diusung merupakan perpaduan antara ZX-25R yang compact dan kecanggihan teknologi dari mesin ZX-10R.

Mesin Kawasaki

Sebagai penggerak, Kawasaki ZX-4RR dibekali mesin 4-silinder segaris 16-katup DOHC, berpendingin radiator. Hitungan bore x stroke 57.0 x 39.2 mm, menghasilkan volume kubikasi 399 cc. Nyaris identik dengan ZXR-400R era ’90an bermesin 398 cc dari bore x stroke 57.0 x 39.0 mm.

Tenaga maksimum sebesar 79,1 hp dicapai pada 15.000 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya sebesar 39,5 Nm dikail pada 11.000 rpm. Batas redline ZX-4RR mampu menembus 16.000 rpm! Sayangnya belum disebutkan berapa catatan waktu akselerasi maupun top speednya.

Baca juga :  Mengenal Kei Car ABC, Trio Mungil Dari Jepang¬†

Aliran udara yang masuk ke fairing ditampung pada Ram Air yang kemudian diteruskan ke mesin via saluran intake yang memiliki dua ukuran yakni 40 mm and 60 mm.

Dengan penampang kop silinder yang lebar, mesin dapat mengadopsi katup masuk 22.1 mm dan katup buang 19 mm. Throttle body 34 mm yang dibekalkan dilengkapi dengan Electronic Throttle Valves (ETV).

Pistonnya berbahan aluminium dilapisi material molybdenum untuk meningkatkan daya tahan pada temperatur dan rpm tinggi. Boring silinder berbahan aluminium, setang piston dan kruk-as pun dirancang untuk tahan menjalani putaran mesin sangat tinggi. Rasio kompresi 12.6:1 membuat ZX-4RR masih dapat menenggak bensin beroktan RON 92.

Penyaluran daya memanfaatkan teknologi kopling Assist & Slipper yang dipadukan dengan transmisi manual 6-speed. Operan gigi cepat dapat dilakukan berkat teknologi Kawasaki Quick Shifter (KQS).

ZX-4RR telah dirancang sesuai regulasi emisi EURO5 dan juga peraturan di Amerika Serikat yang sangat ketat. Saluran knalpotnya dilengkapi tiga lapis catalytic converter

Tentu saja output performa harus sedikit tergadaikan demi memenuhi standar emisi gas buang tadi dan pasti membuat pening para engineer perancang sportbike high performance di seluruh belahan dunia. Perkiraan kami, mesin ini pasti punya kemampuan lebih dari 79,1 hp.

Setting Sendiri Output Mesin Sesuka Anda

Pilihan mode berkendara saat ini menjadi fitur wajib yang dibekalkan pada sportbike modern. Kawasaki pun membekalkan sistem Integrated Riding Modes pada ZX-4RR dengan 4 pilihan mode berkendara, yakni SPORT, ROAD, RAIN, dan RIDER.

Baca juga :  Tanpa Seremoni, Toyota Hilux 2024 Diperkenalkan Oleh TAM

Instrument Kawasaki ZX-4

Pada mode RIDER, terdapat tiga pilihan setup sistem Kawasaki Traction Control (KTRC) yakni 1-2-3-OFF. Anda pun dapat memilih setting ouput performa: FULL dan LOW.

Nah, seperti yang telah diprediksi sebelumnya, Kawasaki ZX-4RR dibekali layar digital 4.3-inci dengan tampilan mode CIRCUIT plus koneksi ponsel via Bluetooth dengan aplikasi Kawasaki Rideology.

Sasis Tralis Khas Kawasaki Ninja

Desain sasis model tralis dan swing arm berbahan baja diadopsi dari ZX-25R. Desain ini mengingatkan pada Kawasaki Ninja 150 RR yang sangat populer di Indonesia di era ’90an.

Kawasaki ZX-4

Sistem suspensi depan dengan garpu up-side down 37 mm adjustable Showa SFF-BP (Separate Function Fork-Big Piston) pada ZX-4RR diadopsi dari ZX-25R.

Sementara pada swing arm belakang dilengkapi dengan monoshock horizontal Showa BFRC (Balance Free Rear Cushion) Lite berkelir hijau yang diadopsi dari ZX-10R.

Kawasaki ZX-4RR 2023

Sistem pengereman roda depan dilengkapi sepasang cakram semi-floating 290 mm yang diapit kaliper rem 4-piston, Roda belakang dibekali cakram 220 mm dengan kaliper rem piston tunggal. Sistem rem diperkuat dengan kontrol ABS dua kanal.

Velg aluminum-alloy 5-spoke 17-inci berkelir hitam dibalut dengan ban Dunlop Sportmax GPR-300 berukuran 120/70-17 (depan) dan 160/60-17 (belakang).

Kawasaki ZX-4RR 2023

Dengan sapuan livery berwarna Lime Green/Ebony, pemesanan Kawasaki ZX-4RR KRT Edition di AS telah dibuka sambil menanti unit tersedia di jaringan dealer Kawasaki seantero AS. Label harganya mulai dari $9.699 atau setara Rp 144,5 jutaan (off-the road).

Baca juga :  Modifikasi Bosozoku, Dulu Kriminal Sekarang Diakui Dunia

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x