Kia Picanto 2023 Diumumkan, Kami Suka Bentuknya

5 July 2023 | 8:30 am | Indra Alfarisy

Kia Picanto mungkin sudah tidak lagi dijual di Indonesia, tapi di pasar luar negeri, city car ini masih berkembang. Kemarin (04/07/2023) Kia mengumumkan kehadiran Picanto terbaru di Korea Selatan. Dan kami kagum dengan bentuknya yang enak dilihat.

Perubahan desain yang cukup radikal ini bukan hanya berlaku untuk eksterior. Tapi juga bagian kabin. Dan ini menarik karena sebetulnya, Picanto baru ini adalah versi facelift generasi ketiga yang muncul pertama tahun 2018 lalu.

Secara fisik, bentuknya lebih mengotak dengan muka yang futuristis. Seperti produk Kia lainnya, bentuk luaran ini didasari filosofi desain Opposites United.

Kia Picanto 2023 mengusung tema desain Opposite United

Paras Tiger Nose terbaru untuk pertama kalinya dipasangkan di keluarga Picanto. Dan hasilnya tidak mengecewakan. Lampu depan LED bertumpuk mengapit DRL dan grill atas yang tipis. Bempernya dilengkapi grill besar untuk menyalurkan udara ke radiator. Lengkap dengan rumah sensor untuk ADAS.

Lalu di belakang, bentuk lampu yang vertikal, disambungkan oleh LED bar. Desain ini memberikan kesan lebar jika dilihat dari belakang.

Reduksi Emisi

Di balik kap mesinnya, Kia Picanto 2023 diberikan pilihan mesin yang sama seperti sebelumnya,  1.0 liter tiga silinder atau 1,2 liter empat ruang bakar. Keduanya berbahan bakar bensin. Kia menyatakan kalau mesin-mesin ini mengalami perubahan untuk memenuhi regulasi emisi, serta menyempurnakan perputaran gas buang. Terutama saat mesin dingin. Sayang sekali, angka performanya tidak disebutkan. Sebagai pendistribusi daya, tersedia opsi transmisi otomatis ataupun AMT 5-speed.

Baca juga :  Turnamen Biliar Jadi Pemersatu Anggota Klub Mercedes-Benz

Interior Kia Picanto 2023

Di kabin, Kia melakukan perubahan besar di bagian infotainment. Kini tersedia layar infotainment dengan model floating berukuran 8-inci. Mampu terkoneksi melalui Bluetooth, untuk sambungan telepon gengam dengan Apple Carplay atau Android Auto.

Joknya terbungkus material kulit imitasi. Sementara kapasistas bagasi sebesar 225 liter, tidak berbeda dengan model yang digantikannya. Kalau kursi belakang dilipat, akan terdongkrak menjadi 1.010 liter. Menurut referensi, kemampuan angkut ini lebih besar dari yang ada di MINI hatchback.

Fitur bantunya juga lengkap. Ada Lane Keeping Assist, Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Intelligent Speed Limit Assist, Lane Following Assist (LFA) dan sebagainya. Sayang, Kia belum mengumumkan harganya.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x