KTM 790 Adventure Kebagian Upgrade Untuk Tahun 2023

11 December 2022 | 1:00 pm | Rizky Dermawan

Saat ditanya soal sepeda motor model adventure, mungkin KTM adalah salah satu nama yang paling diingat. Dan menyambut akhir tahun, KTM 790 Adventure akan diberikan facelift dengan sejumlah peningkatan.

Meskipun motor ini adalah variant entry-level di jajaran KTM Adventure, namun para engineer di Mattighofen, Austria, membekalkan beragam fitur dan update yang nyaris tak berbeda dari variant di atasnya.

Mesin LC8c parallel-twin berkapasitas 799 cc yang diusung menghasilkan tenaga maksimum 95 hp pada putaran 8.000 rpm. Torsi 88 Nm, dikail pada putaran mesin 6.500 rpm. Sensor knocking-control diset ulang agar motor tetap dapat menggunakan bensin beroktan rendah dalam keadaan darurat.

Sistem exhaust model baru termasuk muffler dan perangkat catalytic converter pun dibekalkan guna menyesuaikan dengan standar emisi EURO5.

Anti Ngempos

Meskipun aliran gas buang kini lebih dicekik, namun tak perlu khawatir kehilangan tenaga alias ngempos. Agar mesin dapat menghasilkan performa yang lebih responsif, KTM mengimbuhkan filter udara baru plus meramu ulang setting throttle body, susunan plat kopling serta Power Assist Slipper Clutch.

Desain tangki 20 liter yang menyatu dengan fairing, sama seperti KTM 890 Adventure. Dengan 20 liter bensin, motor ini diklaim mampu menjelajah hingga 450 km. Hmmm.. untuk motor bermesin 799 cc, konsumsi BBM 22,5 km/liter terbilang cukup irit juga.

Baca juga :  Tidak Tanggung-tanggung, Ada 55 Brand Nongol di GIIAS 2024

Melakukan perpindahan gigi transmisi saat sedang beraksi melintasi medan yang sulit seperti trek gravel maupun gurun pasir akan lebih mudah dengan menggunakan fitur Quickshifter +.

Windscreen model baru yang diadopsi dari KTM 450 Dakar. Di baliknya ada panel instrument semi digital TFT 5-inci dengan iluminasi yang lebih terang. Dan bisa koneksi Bluetooth serta terhubung ke aplikasi KTMConnect pada ponsel rider. Seperti model terbaru KTM lainnya, seluruh sistem lampu 790 Adventure telah menggunakan LED.

Demo Mode

Oh ya, para konsumen akan memperoleh bonus bebas berlangganan Demo Mode untuk 1.500 km pertama. Seperti yang terdapat pada 890 Adventure. Demo Mode akan membuka semua fitur untuk mengeluarkan seluruh kemampuan yang ada pada motor ini.

Dengan bebas berlangganan, diharapkan para konsumen nantinya akan terpikat untuk melanjutkan layanan Demo Mode ini. Sementara untuk Rally Mode dengan putaran gas dua arah masih menjadi fitur opsional dan dijual terpisah.

Dengan harga dasar di kisaran $14.000 atau setara Rp 215 juta-an, Anda dapat memilih dua opsi kombinasi warna yang tersedia yakni putih/oranye dan hitam/oranye. Hanya saja para konsumen harus sabar menanti hingga 790 Adventure tersedia di jaringan dealer KTM paling cepat pada April 2023.

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x