Lamborghini Urus S, Generasi Terbaru Banteng Super Pelumat Aspal

30 September 2022 | 2:00 pm | Rizky Dermawan

Lamborghini menghadirkan generasi kedua dari Urus yang diberi label Urus S.

Sejak pertama dipasarkan pada 2018 lalu, Lamborghini Urus berhasil menjadi salah satu best seller di liga Super SUV dengan angka penjualan sebanyak 20.000 unit dalam kurun waktu empat tahun. Hanya berselang satu bulan sejak Lamborghini Urus Performante diluncurkan pada Agustus 2022 lalu, pembiak banteng super pelumat aspal jalan raya di Sant’ Agata menghadirkan generasi kedua dari Urus yang diberi label Urus S.

Bagi orang awam, tampilan eksterior antara Urus S dengan sang kakak sepintas nyaris tak ada perbedaan. Namun jika dicermati, Urus S telah dibekali dengan bumper depan dan belakang model baru dan kap mesin berventilasi berbahan serat karbon. Atap berbahan serat karbon tersedia sebagai paket opsional. Body Urus S ditopang perangkat adaptive air suspension generasi baru dan juga velg standar model baru dengan ukuran 21 inci. Tersedia pula velg opsional berukuran 22 dan 23 inci.

Pilihan mode berkendara Strada, Sport, Corsa, dan Ego dapat anda gunakan saat berkendara di jalan raya maupun sirkuit balap. Sedangkan untuk berkendara di trek off-road, tersedia pilihan mode berkendara Terra, Neve, dan Sabbia.

Di ruang kabinnya, Anda dapat memilih kemasan warna baru Sportivo atau Sophisticated dengan kombinasi dua warna. Tema kemasan interior Sportivo tampil dengan kombinasi padu padan warna senada yang lebih stylish. Sedangkan pada tema Sophisticated didominasi balutan kulit warna hitam dengan imbuhan aksen warna yang kontras.

Baca juga :  Toyota Crown Estate SUV Siap Mengaspal di AS Pekan Depan

Fitur teknologi Remote Park yang dibekalkan pada Urus S dapat diakses oleh pengemudi menggunakan ponsel pintar dan smartwatch via aplikasi Lamborghini Unica. Sistem navigasi dan beragam fitur teknologi keselamatan berkendara terkini juga dibekalkan pada Urus S.

Di balik bonnet Urus S, ada mesin bensin 4.0-liter twin-turbo V8 milik Urus Performante yang diracik ulang. Hasilnya, output tenaga kini menjadi 657 hp dengan torsi maksimum 850 Nm. Enam belas tenaga kuda lebih unggul dari versi Urus generasi pertama.

Sistem exhaust dengan pipa buangan ganda model baru yang dibekalkan pada Urus S tak hanya dirancang untuk meningkatkan output performa, namun juga menghasilkan alunan nada baru dari dentuman mesin 8 silindernya.

0-200 km/jam cukup 12,5 detik saja

Pihak pabrikan mengklaim Urus S hanya butuh 3,5 detik untuk mencapai angka 100 km/jam dari posisi start dan menggapai akselerasi 0-200 km/jam dicapai dalam waktu 12,5 detik. Lebih unggul tak sampai sekedipan mata dari Urus generasi pertama. Kecepatan maksimum masih dipatok secara elektronik di angka 305 km/jam. Dengan rem cakram karbon keramik, Urus S butuh jarak 33,7 meter untuk mengerem dan berhenti dari kecepatan 100 km/jam.

Untuk para konsumen di kawasan Eropa, Lamborghini Urus S dipasarkan dengan harga dasar €195.538 atau setara $188.170. Hmmm…Kami jadi penasaran, berapa harga jual mobil ini jika masuk pasar Indonesia?

Baca juga :  Motul Dan HRC Ajak Komunitas Riding Bareng

Rizky Vox

 

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x