Lexus GX 2024, Bentuk Kontroversial Tonjolkan Kemampuan Jelajah Segala Medan

9 June 2023 | 10:43 am | Indra Alfarisy

Setelah mobil crossover compact, Lexus meluncurkan off roader terbaru mereka, Lexus GX 2024. Mobil ini hadir perdana di Austin , Texas, Amerika Serikat kemarin (08/06/2023). Kehadirannya sudah lama terdeteksi oleh para pemburu berita. Namun tetap saja jadi kejutan.

Terutama soal desain. Pendekatan bentuk Lexus GX seperti menegaskan ini mobil yang bisa mengantar Anda ke mana saja. Terlepas Anda suka atau tidak dengan rupa yang kaku seperti itu.

Desain Brutal

Desain Lexus GX 2024 beda dari Lexus biasanya.

Kalau melihat Lexus GX generasi sebelumnya, desain yang dipasangkan seperti berubah 180 derajat. Dari bentuk yang santun dengan lekukan halus, jadi lebih brutal. Lekukan tegas mulai dari moncong depan, pilar A hingga D dibuat tegak. Hal serupa juga diterapkan untuk bentuk fender dan garis body.

Dipadukan dengan grill lebar yang di bawahnya terdapat kisi-kisi udara dan lampu utama berdesain tipis. Kami seperti melihat mobil off road retro, dipaksa kawin dengan desain jaman sekarang. Hasilnya memang seperti mobil yang menyuarakan kemampuannya. Bagus atau tidak, terserah selera.

Platform Lexus GX baru sama seperti Land Cruiser terkini.

2023.05.26

All New Lexus GX berdiri diatas platform TNGA-F yang memang dibuat sebagai basis ladder frame. Platform ini diandalkan Toyota untuk kendaraan medan berat mereka. Termasuk Lexus LS 600 dan Land Cruiser.

Kabin Ala Lexus

 

Jika luarnya terlihat brutal, interior dibekali fasilitas layaknya sebuah Lexus. Instrumen cluster digital dibungkus di dalam layar berukuran 12,3 inci. Sementara untuk pusat kendali sistem infotainment diserahkan pada moniotr berukuran 14 inci.

Baca juga :  Power Pod e:, Sumber Tenaga Listrik Portabel Bikinan Honda

Dashboard Lexus GX paling baru. mudah dipahami.

Tentu, infotainment tersebut sudah bisa terkoneksi dengan gadget yang Anda punya. Apple CarPlay dan Android Auto bisa terkoneksi tanpa kabel di mobil ini.

Masih tersedia tombol dan kenop fisik untuk mengatur suhu AC dan juga volume audio. Serta tentunya pengatur pergerakan transfer case dan differential. Lexus juga menyediakan head-up display. Tapi ini adalah tambahan opsional.

Beban 3,6 Ton

Ayunan kaki-kaki mengandalkan model double wishbone di depan, dengan multi link di belakangnya. Ini sebuah setup yang mahal, dan pasti mumpuni untuk melahap jalanan ‘amburadul’. Sebagai fitur opsional, Lexus menyediakan teknologi yang disebut Adaptive Variable Suspension.

Untuk awal, hanya tersedia Lexus GX 550 bermesin V6 3,4 liter, twin-turbo. Tenaganya menyentuh 349 hp, dengan torsi puncak 650 Nm. Bukan main. Penerus dayanya transmisi otomotis 10-speed. Lengkap dengan differential lock model Torsen, dengan gerak AWD. Transfer case akan memindahkan antara 4L dan 4H secara elektronik. Menurut lembar spesifikasi yang kami terima, mobil ini bisa menarik beban hingga 3,6 ton.

Lexus GX 2024 punya mesin yang menakjubkan.

Toyota menegaskan, Lexus GX 2024 juga akan tersedia dalam varian mesin lainnya, termasuk 2,4 liter turbo hybrid. Namun belum ditegaskan kapan akan hadir.

Lexus mengeluarkan enam varian untuk mobil ini untuk pasar Amerika Serikat. Yaitu Premium, Premium+, Luxury, Luxury+, Overtrail dan Overtrail+. GX akan mulai tersedia di pasar global mulai akhir 2023 ini. Sayang, harganya belum diumumkan.

5 4 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x