Mansory Gubah Ferrari Monza SP2 Sang Penguasa Gurun Pasir

25 January 2023 | 12:08 pm | Rizky Dermawan

Banyak beredar mobil Ferrari modern yang dimodifikasi dengan beragam gaya. Namun yang satu ini mungkin anda baru pertamakali melihatnya. Inilah super speedster Ferrari Monza SP2.

Merupakan mobil yang hanya dibuat sebanyak 499 unit di tahun 2019. Harganya pun spektakuler, 1,58 juta Euro dalam kondisi original. Merasa belum puas, pemiliknya langsung mempercayakan kepada Mansory untuk memodifikasinya.

Eksterior Merah Menggelora Ala Mansory

Enam bulan lalu, sang Monza yang berasal dari Uni Emirat Arab ini diterbangkan ke markas Mansory di Munich untuk dipermak. Tahap pertama yang dilakukan para teknisi Mansory yakni melucuti seluruh interior, panel body dan mesin serta transmisi serta suspensi.

Panel body bagian depan mulai dari bonnet, lip spoiler hingga air scoop pada bumper depan dimodifikasi dengan body kit baru garapan Mansory. Side skirt model baru pun disematkan pada bagian sisi body untuk meningkatkan gaya aerodinamika.

Beralih ke bagian buritan, Mansory mengimbuhkan sirip diffuser berukuran besar. Lampu rem model mobil balap F1 pun dipasang di bagian belakang. Seperangkat pipa exhaust baru berkelir merah-hitam tak hanya menambah nilai estetika, namun juga mendongkrak performa. Mansory pun memilih two-tone merah dan hitam mengkilat untuk melabur sekujur body Monza.

Sebagai penopang body, terpasang satu set velg serat karbon ultra-lightweight Mansory YT.5 Air model 5-twin spoke beroffset 9.5×21-inci di depan dan 12×22-inci di kaki belakang. Di sela velg bergaya turbin, tersembunyi rem cakram keramik karbon berkaliper kuning bawaan Ferrari Monza SP2.

Baca juga :  Kia EV9 GT-Line Ramaikan GIIAS Bandung 2023

Konser V12 Italia Gubahan Munich

Dalam kondisi standar, Ferrari Monza SP2 dibekali mesin 6.5-liter V12 bertenaga 799 hp dengan torsi maksimum 719 Nm. Penyaluran daya menggunakan transmisi automatic 7-speed dual-clutch. Mesin F140 yang digunakan Monza berbasis dari mesin Ferrari 812 Superfast.

Di tangan Mansory, performa tenaga pun kini terkoreksi menjadi 818 hp dengan torsi maksimum 740 Nm. Pun demikian, tak ada perubahan catatan waktu sprint 0-100 km/jam yang masih di angka 2,9 detik. Masih sangat cepat…

Hanya butuh 7,9 detik untuk melesat hingga 200 km/jam. Dan tentunya butuh trek lurus yang sangat panjang dan lengang untuk memacu mobil ini hingga speedometer menampilkan angka 300 km/jam. Dengan mobil ini Anda setidaknya butuh sekitar 16 liter bensin oktan tinggi untuk bisa menempuh jarak 100 km. Hmm, boros sekali. 

Jangan tanya berapa biaya yang dihabiskan oleh sang pemilik mobil untuk memodifikasi sang Ferrari Monza SP2. Karena kepuasan batin adalah hal yang paling utama bagi sang penguasa gurun pasir…

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x