Modifikasi Ferrari F40 Oleh Liberty Walk Mempesona di Tokyo

18 January 2023 | 1:54 pm | Rizky Dermawan

Memodifikasi beragam mobil sport buatan Eropa telah sering dilakukan oleh Liberty Walk. Namun custom workshop asal Jepang tersebut kali ini agak sedikit ekstra berhati-hati dalam meramu garapannnya. Pasalnya, mereka menggarap modifikasi Ferrari F40. Selain statusnya yang legendaris dan sangat ‘sakral’, mobil ini merupakan favorit dari Wataru Kato, pendiri Liberty Walk.

Ferrari F40 yang diproduksi sebanyak 1.300 unit pada periode 1987-1992 saat ini yang terselamatkan jumlahnya tidakbanyak. Harga pasarannya saat ini jangan ditanya, tembus jutaan dolar!

Proyek modifikasi “F-Forty” yang dikerjakan Liberty Walk sejak tahun 2022 pun akhirnya dipamerkan di Tokyo Auto Salon 2023. Dapat anda bayangkan seperti apa reaksi ribuan pengunjung Makuhari Messe saat melihat mobil ini…

Body Ekstrem Garapan Wataru Kato

Meskipun pernah memodifikasi mobil serupa, namun garapan Liberty Walk kali ini jauh lebih ekstrem bila dibandingkan modifikasi Ferrari F40 yang pernah mereka kerjakan pada tahun 2012 lalu.

Tak seperti pada proyek yang lain, sang punggawa Liberty walk, Wataru Kato turun tangan langsung dalam membuat satu set panel fender depan dan belakang utuh berukuran extra lebar untuk mobil ini. Hmmm… mengingatkan kami pada Ferrari F40 widebody garapan Koenig di era ’90an.

Fender depan baru ini tersambung dengan panel lip spoiler yang terpasang pada bumper depan. Side skirt, fender serta bumper belakang yang kekar berotot pun menggantikan panel body bawaan mobil.

Pada bagian belakang pun terdapat sayap spoiler tambahan plus sirip diffuser yang diiris bagian tengahnya agar dapat memuat tiga laras exhaust berukuran besar.

Bonnet berventilasi besar pada bagian depan tampil dengan perpaduan gaya ala mobil balap Ford GT40 klasik dan Ferrari F40 Competizione. Sekujur body mobil yang aslinya berwarna merah pun ditutup dengan decal stiker pelapis berwarna putih. Ya, sekujur body… plus imbuhan stiker bulatan merah “Hinomaru” yang melambangkan bendera nasional Jepang pada pintunya.

Velg bawaan mobil sebenarnya sudah sangat keren, hanya saja Liberty Walk memutuskan untuk menggantinya. Jadilah satu set velg alloy 5-spoke berukuran extra besar berkelir hitam berbalut ban Toyo tapak lebar menopang body F40. Dan untuk menghasilkan tampilan super ceper khas Liberty Walk, setting suspensi adjustable pun dibuat extra rendah.

Body kit untuk modifikasi F40 ini terbuat dari material FRP (fiber-reinforced polymer) yang berbobot ringan. Para konsumen yang berminat dapat memesan dalam bentuk paket lengkap maupun eceran. Perihal harga paket body kit Ferrari F40 widebody tersebut, Liberty Walk akan mengumumkannya secara resmi dalam waktu dekat.

Performa Mesin Ferrari F40 Sudah Pas!

Wataru Kato tak melakukan sentuhan modifikasi pada mesin bawaan mobil ini. Menurutnya, spek mesin racikan pabrik performanya sudah pas.

Mesin 2.9-liter V8 bi-turbo bawaan Ferrari F40 memiliki output tenaga 471 hp pada 7.000 rpm dengan torsi maksimum 577 Nm pada 4.000 rpm.

Hanya butuh waktu 4,1 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam. Top speed mobil ini mampu menembus angka 324 km/jam. Sudah lebih dari cukup.

Lagipula, mobil garapan Liberty Walk lebih nikmat dipandang saat tengah melaju perlahan menyusuri jalan raya dalam kota. Membuat setiap orang menoleh dan memandanginya dengan penuh takjub. Ya, bagaikan sosok Dewi Liberty nan anggun mempesona yang tengah berjalan dengan gaun panjang menjuntai menyentuh tanah. Itulah mengapa dinamakan “Liberty Walk”.

Banzaaaaai…!

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x