Menparekraf Optimis Industri Aftermarket Indonesia Dipandang Serius di Osaka

31 January 2023 | 9:07 pm | Aldi Prihaditama

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno mendukung gelaran seri pertama OLX Autos Indonesia Modification & Lifestyle Expo 2023 (OLX Autos IMX 2023) yang berlangsung di pameran modifikasi dan aftermarket Osaka Automesse ke-26 di Jepang, pada 10-12 Februari 2023.

Dalam acara The Weekly Brief with Sandiaga Uno, kemarin (30/1/2023), beliau mengatakan bahwa industri modifikasi Indonesia memiliki potensi besar berkat kreativitas para produsen aftermarket dan bengkel spesialis. Acara ini dihadiri oleh Founder NMAA sekaligus IMX Project Director Andre Mulyadi, Founder Yoong Motor Group Yoong Yomin, Marketing Director PT Bintang Chemical Indonesia (Belkote Paints) Andrew Budi Kurniawan, Director Max Decal Nofian Hendra, serta COO OLX Autos Indonesia Hendri Tadjuni.

“Seiring berkembangnya kultur modifikasi di Indonesia, saya ditugaskan oleh pak presiden Jokowi mengajak asosiasi dan acara modifikasi agar bersama-sama memajukan industri otomotif terutama parts aftermarket,” kata Sandi.

Pentingnya membangun kolaborasi

Lebih lanjut, Menparekraf RI juga berharap industri otomotif khususnya di sektor modifikasi dapat mendorong kegiatan ekspor. Kegiatan serupa perlu terus didukung secara simultan sebagai wadah untuk menunjukan kreativitas, serta mendorong industri otomotif untuk berkembang tiap tahunnya.

“Kreativitas industri otomotif Indonesia ini luar biasa. Bahkan, sudah bisa disandingkan dengan karya modifikator internasional. Untuk itu, pentingnya terus membangun kolaborasi demi meningkatkan potensi komersialisasi dari industri modifikasi itu sendiri sehingga dapat berpengaruh terhadap terbukanya lapangan kerja dan inovasi produk berkualitas,” ujar Menparekraf lagi.

Baca juga :  OLXMobbi Makin Mudah Jual Beli Mobil Bekas

Dalam seri pertama OLX Autos IMX 2023 ini akan melibatkan brand aftermarket dan gaya hidup yang menampilkan kreasi terbaiknya di hadapan publik otomotif Osaka Automesse 2023. Seri pertama OLX Autos IMX 2023 di Osaka Automesse menjadi pembuka rangkaian event satu tahun penuh sampai acara puncak di 29 September sampai 1 Oktober 2023 mendatang.

“Nantinya kita akan bagi menjadi beberapa seri. Khusus seri pertama, keterlibatan para kreator aftermarket di Osaka Automesse bertujuan memperkenalkan karya terbaik kreator modifikasi Indonesia untuk membuka peluang memajukan produk lokal di pasar internasional,” jelas Andre Mulyadi, Founder NMAA dan IMX Project Director.

Peluang ekspor terbuka lebar

Kolaborasi OLX Autos IMX 2023 dan Osaka Automesse 2023 diharapkan dapat menjadi momen tepat bagi para brand aftermarket dan gaya hidup dalam mendukung aktivitas riset pasar produknya lebih mendalam. Terlebih lagi, industri aftermarket di Jepang memiliki standar kualitas tinggi, sebelum sebuah produk tersebut dijual ke pasaran.

“Saat ini, industri kustomisasi otomotif Indonesia sudah bisa menyetarakan kualitas. Bedanya, biaya produksi disana jauh lebih besar. Sedangkan kalau dibuat di Indonesia bisa memangkas tingginya biaya produksi tersebut. Inilah yang menjadi sebuah peluang mendatangkan produk ekspor buatan anak bangsa,” papar Andre.

Asosiasi National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) mengikutsertakan produk brand aftermarket dan gaya hidup dalam tiga hari di Jepang ini. Mulai dari produk lampu dari Yoong Motor, Saber Industries dan Osram Indonesia; produk cat Belkote Paints; brand velg lokal DNZ Wheels dan Turbo Bastard; spesialis modifikasi lampu Lumens Light, produk stiker Max Decal; spesialis interior Vertue Concept; bengkel modifikasi ProRock Jakarta; serta kolaborasi NMAA dengan produk pakaian Hammerstout.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x