Menyambut Hadirnya Daihatsu Ayla Gen-2, Apa Saja Yang Baru?

14 February 2023 | 4:41 pm | Rizky Dermawan

Tanpa terasa telah lewat satu dekade sejak generasi pertama duo LCGC Daihatsu Ayla dan Toyota Agya debut perdana pada September 2012 dalam event 20th Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta.

Dengan target penjualan sebanyak 3.000 unit per bulan, Daihatsu Ayla telah berhasil menembus angka penjualan sebanyak 1,1 juta unit pada Januari 2021 lalu. Sebuah prestasi yang membanggakan bagi PT Astra Daihatsu Motor yang membidani lahirnya segmen pasar LCGC di Indonesia. Setelah melewati siklus produksi selama 10 tahun dengan dua kali facelift, maka sudah waktunya muncul generasi kedua.

Perodua Axia 2023

Platform global DNGA (Daihatsu New Global Architechture) rancangan Daihatsu telah menjadi perbincangan selama beberapa bulan terakhir. Pasalnya, platform ini merupakan basis dari generasi terbaru Daihatsu Ayla yang rencananya akan melakukan debut World Premiere pada 15 Februari 2023 esok di Jakarta.

Evolusi Ayla Dengan Platform Baru

Platform global DNGA Daihatsu yang telah lebih dulu digunakan pada Daihatsu Rocky berhasil memikat hati para konsumen di Indonesia. Kesuksesan Rocky menjadi barometer bagi Daihatsu dalam meramu generasi terbaru Ayla.

Tak sendirian, Perodua Axia yang menjadi saudara seplatform dari Ayla telah lebih dulu diluncurkan di Malaysia dan disusul Toyota Agya pada 13 Februari 2023 di Jakarta.

Desain Eksterior Lebih Dinamis

Baca juga :  Mungkinkah Bakal Ada Mitusbishi XForce Varian Baru?

Dari sisi eksterior, Perodua Axia dan Toyota Agya 2023 memiliki body yang lebih besar dari Agya dan Ayla generasi pertama. Dan benar saja, Toyota Agya gen-2 yang telah lebih dulu diluncurkan juga mengalami perubahan dimensi dibanding generasi pertama.

Jarak sumbu roda terkoreksi dari 2.450 mm menjadi 2.525 mm. Sementara dimensi body kini lebih panjang 100 mm dan lebih lebar 65 mm. Hal ini mengindikasikan adanya perubahan volume kabin, terutama pada ruang kaki.

Desain tampilan bagian depan baik grille, bumper dan headlamp berubah drastis. Garis body samping hingga ke bagian buritan pun kini jauh lebih berlekuk dan terlihat aduhai.

Tampilan Interior Ala Rocky?

Dengan platform yang sama, tak mustahil jika Daihatsu Rocky mewariskan DNA layout interiornya pada Ayla. Setidaknya demikian yang diharapkan oleh para konsumen yang telah lebih dulu melihat seperti apa tampilan interior Perodua Axia dan Toyota Agya terbaru.

Axia 2023 rear view

Panel instrument digital dengan desain 3D serta sistem infotaintment dengan touchscreen berukuran 7 hingga 9 inci pada bagian tengah dasbor kemungkinan besar bakal disematkan pada Ayla terbaru.

Koneksi ponsel Android Auto dan Apple CarPlay diprediksi akan menjadi fitur pemikat hati konsumen.

Untuk variant entry level alias harga termurah, kemungkinan interior khususnya jok bakal dibalut dengan material fabric. Kualitas interior tentunya menyesuaikan dengan variant trim serta label harga.

Baca juga :  PLN Tebus 10 Ribu Unit Kendaraan Listrik BYD, Buat Apa?

Mesin dan Transmisi Baru

Nah…ini dia yang menjadi pembeda antar generasi yakni konten mesin dan transmisi. Toyota Agya 2023 kini dibekali dengan mesin bensin 3-silinder 1.198 cc berkode WA-VE. Output tenaganya di kisaran 86,7 HP pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 113 Nm yang dikail pada putaran 4.500 rpm. Setidaknya, kemungkinan besar Daihatsu Ayla terbaru bakal dibekali dengan variant mesin yang sama.

Mesin Perodua Axia baru

Selain itu, terdapat kemungkinan Ayla terbaru bakal dicekoki mesin 1.0L turbo dari Daihatsu Rocky. Mesin 3-silinder 996 cc turbo DOHC, VVT-i yang juga digunakan Perodua Axia ini memiliki tenaga 98 HP pada 6.000 rpm. Perbedaan tenaganya dari mesin 1.2L non-turbo tak terpaut jauh hanya sekitar 10 HP. Namun torsi maksimum yang ditawarkan mesin berkode 1KR-VET ini cukup meriah yakni sebesar 140 Nm yang bermain di rentang 2.400 – 4.000 rpm.

Perihal pilihan transmisi, Ayla terbaru ini kemungkinan besar masih hadir dengan versi manual 5-speed bagi pecinta 3 pedal. Nah, untuk transmisi automatic 4-speed ada kemungkinan bakal digantikan oleh versi CVT terbaru yakni D-CVT.

Soal harga dan kapan pemesanan unit mulai resmi dibuka nampaknya setali tiga uang dengan Toyota Agya. Kemungkinan besar menunggu ‘gongnya’ yakni pada event IIMS 2023 yang akan dihelat beberapa bulan mendatang.

Sabar…kita nantikan seperti apa wujud Daihatsu Ayla generasi kedua yang akan tampil perdana esok hari di Jakarta. Eehm.. tak hanya anda, kami pun penasaran…

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x