Menyongsong Kehadiran All New Toyota Vios di Tanah Air

7 October 2022 | 5:20 pm | Aldi Prihaditama

Toyota Vios generasi terbaru punya penampilan yang jauh lebih sporty. Segera hadir di Indonesia.

Toyota Vios generasi keempat belum lama diperkenalkan di Thailand. Sedan empat pintu ini menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture-B (DNGA-B), yang juga diaplikasikan pada Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, termasuk Toyota Avanza, Toyota Veloz, serta Daihatsu Xenia. Mobil sedan ini dikembangkan oleh Daihatsu melalui program internal antara Toyota dan Daihatsu yang dinamakan Emerging Market Compact Car Company (EMCC), di bawah pimpinan Executive Chief Engineer yang bernama Hideyuki Kamino.

Desain eksteriornya banyak menganut bentuk dari Daihatsu DN F-Sedan Concept, bahkan memperlihatkan karakter bodi dari Toyota Corolla dan Toyota Camry. Meskipun masih berdasarkan foto saja, kami anggap bagian muka dari Vios terlihat semakin lebar layaknya Toyota Avanza. Namun Toyota Vios generasi keempat ini memiliki jarak antar roda (wheelbase) lebih pendek 70 mm dibandingkan Toyota Avanza maupun Veloz.

Soal desain eksteriornya berdesain yang sporty, bisa terlihat dari bagian depan dengan lekukan bumper yang cukup agresif. Semakin terlihat lebih sporty berkat lampu LED yang lebih ramping. Kami bisa memastikan bahwa bagian belakangnya bakal lebih keren dibandingkan generasi sebelumnya. Toyota Vios memiliki desain pilar C yang melandai layaknya mobil, ehm… sport.

Pada debutnya di Thailand pada 9 Agustus 2022 silam, Toyota Vios menggunakan mesin bensin 4 silinder 1.200 cc Dual VVT-i dan transmisi Super CVT-i. Mobil ini juga kemungkinan memiliki tiga mode berkendara, yakni Eco, Normal and Sport. Namun, kami punya dugaan kuat bahwa yang nanti dipasarkan di Tanah Air ialah Vios dengan kodi bodi NGC102.

Baca juga :  MPV Listrik BYD M6 Mulai Dijual, Harganya Menggiurkan

Masih setia dengan mesin 2NR

Dengan kata lain, kode itu menunjukan memakai mesin bensin 4 silinder 2NR-VE 1.5 liter Dual-VVTi. Sekedar informasi, NGC100 artinya Vios bermesin 1,0 liter, NGC101 bermesin 1,3 liter. Mesin yang menjadi bagian dari jajaran NR-series ini memang tergolong andal, ringan, dan punya efisiensi bahan bakar yang baik. Bahkan telah teruji di sejumlah produk Toyota di Indonesia.

Namun mesin 2NR ini bukan rakitan Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Tapi satu paket dibuat di pabrik Toyota Thailand. Transmisi Super CVT-i pasti bakal ditawarkan kepada konsumen, selain transmisi manual 5-speed.

Generasi terbaru Toyota Vios memang sangat dinantikan, pasalnya generasi ketiga dari sedan kompak ini telah lama hadir sejak tahun 2013. Pada tahun 2016, hadir versi facelift dari Vios generasi ketiga ini. Menyusul versi penyegaran dari Vios facelift tersebut di tahun 2020… Heran juga, sudah facelift, mendapat penyegaran pula…

Lalu, kapan hadir di Indonesia? Tenang saja, kami memprediksi Vios generasi keempat ini pasti segera tersedia di showroom Toyota kesayangan Anda dalam waktu dekat. Dalam bentuk CBU dari negara Gajah Putih. Sayang, tidak mungkin ada versi yang bermesin forced-induction di Indonesia, karena kami suka turbo..

 

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x