Mercedes-AMG GT 43, Paket Hemat Ala AMG

20 March 2024 | 2:08 pm | Rizky Dermawan

Pangsa pasar Mercedes-AMG GT Coupé kini kian luas. Saat ini tersedia versi entry-level yang harganya lebih terjangkau. Inilah Mercedes-AMG GT 43. inilah varian entry-level dengan sejumlah ‘penyesuaian’ spek. 

 

Mercedes memberi gaya yang sedikit beda dari GT 53 dan GT 63 yang bermesin V8. Pada bagian depan sangat terlihat beda. Grille dan lubang intake bumper tak segarang dua saudara V8-nya.

Lekukan fender depan dan belakang lebih ramping. Sepadan dengan velg standar berukuran 19-inci. Bumper belakang pun tampil lebih klimis, mirip sedan AMG-Line biasa. 

Tampilan GT 43 yang minimalis untuk ukuran GT Coupé bukan berarti tak bisa dioprek. AMG punya opsi upgrade yang melimpah. Mulai dari velg 21 inci, spoiler belakang dan beraneka versi body kit.

Interiornya tetap dilengkapi layar instrument 12,3-inci dan layar sentuh 11,9-inci penampil sistem infotainment MBUX. Jok sport standar AMG berbalut kulit Nappa bisa diganti dengan kursi balap opsional AMG Performance.

Untuk sentuhan personalisasi pada kemasan interior, tersedia program bernama Manufaktur dari Mercedes-AMG.

Tetap Greget Meski Tanpa V8

Di balik bonnetnya terpasang mesin 4-silinder 2.0-liter dengan teknologi electric exhaust gas turbocharger yang diadopsi dari mobil balap F1 Mercedes-AMG. Sebuah motor elektrik mild-hybrid 48V jadi pemasok suplemen daya extra.

Baca juga :  Citroën Experience Center PIK Pakai Identitas Baru

Dari mesinnya saja, output tenaga hingga 416 hp dengan torsi puncak 500 Nm. Mild hybridnya memberi daya extra sebesar 14 hp. 

Transmisi hanya tersedia versi kopling ganda 9-speed. Sistem penggeraknya pun tak lagi all-wheel drive 4Matic, tapi penggerak roda belakang (RWD). Jadi jelas mengapa tanpa imbuhan embel-embel “4Matic”.

Sprint 0-100 km/jam butuh waktu 4,6 detik. Top speed dibatasi ‘hanya sampai’ 280 km/jam.

Penyuka GT Sejati Pasti Suka

AMG GT 43

Meski tanpa penggerak AWD, GT 43 ini mungkin adalah yang ditunggu kemunculannya oleh para penyuka GT sejati. Handling berkendara versi RWD membuat pelibas tikungan dan penyuka aksi goyang pinggul dapat lebih leluasa beraksi.

Rem cakram berbahan komposit jadi kelengkapan standar. Sedangkan di sektor sasis dilengkapi lengan ayun suspensi five-link berbahan baja di depan dan belakang, shockbreaker aluminium dan per keong berbobot ringan.

Fitur canggih AMG Ride Control Chassis dan rear-wheel steering merupakan paket opsional. Begitu juga dengan AMG Dynamic Plus yang menyediakan fitur electronically-controlled rear locking differential, kaliper rem warna kuning, aerodinamika aktif di kolong sasis plus extra “Race” mode.

Mercedes-AMG GT 43 akan segera dipasarkan di Eropa dalam beberapa bulan mendatang. Hanya saja belum diumumkan berapa harganya. Tentu saja lebih murah dari GT 53 bermesin V8.

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x