Mercedes-AMG One, Mobil Jalan Raya Versi Produksi Terkencang di Nürburgring

16 November 2022 | 5:00 pm | Rizky Dermawan

Sirkuit balap Nürburgring di Jerman yang tersohor dengan julukan The Green Hell menjadi barometer uji rekor catatan waktu tercepat hampir seluruh mobil high performance modern di dunia, salah satunya adalah Mercedes-AMG One.

Pihak pabrikan pada awalnya tak memandang perlu untuk menguji hypercar street legal berpenggerak hybrid yang mengadopsi teknologi mobil balap F1 Mercedes ini di Nürburgring. Toh, pada akhirnya pihak pabrikan pun tergelitik untuk menjajal seberapa kencang mobil ini di sirkuit balap legendaris tersebut.

Pembalap DTM Maro Engel pun didapuk untuk memiloti Mercedes-AMG One di Green Hell pada 28 Oktober 2022 lalu dan berhasil mencatatkan rekor waktu 6 menit 35,183 detik. Meskipun catatan waktu tersebut bersifat tidak resmi, namun lebih cepat dari rekor 6 menit 38,835 detik yang dibukukan oleh Porsche 911 GT2 RS pada Juni 2021 lalu.

Dari catatan waktu tersebut, pihak pabrikan pun optimis dan meyakini bahwa mobil ini masih bisa mencatatkan rekor waktu yang jauh lebih cepat lagi. Mengingat uji catatan waktu tercepat ini dilakukan untuk mobil versi produksi, maka tak ada sedikitpun modifikasi yang dilakukan pada Mercedes-AMG One.

Settingan pada mesin 1.6-liter V6 plus 4 motor hybrid dengan output daya total 1.063 hp yang digunakan mobil ini sesuai standar versi produksi. Transmisi manumatic 7-speed dengan kopling bermaterial karbon 4 cakram sangat mumpuni dengan performa ‘makhluk’ super ini.

Baca juga :  Harus Bijak Pakai Lampu Hazard!

Mercedes-AMG One didukung oleh konstruksi monocoque karbon Formula 1 yang super kuat dan ringan, mesin yang bertenaga, dan transmisi yang luar biasa serta terintegrasi langsung dengan sasis. Selain itu, sasis aluminium multi-link yang sporty dan inovatif dengan penyangga suspensi push-rod melintang menonjolkan desain tanpa kompromi.

Sekadar amat sangat kencang saja tidaklah cukup. Kinerja sistem pengereman, setting ban dan gaya aerodinamika kendaraan serta kesiapan fisik dan mental sang pilot menjadi faktor yang tak dapat dikesampingkan.

Apakah mobil ini dapat menorehkan catatan waktu yang lebih cepat atau akankah ada mobil lain yang mampu mematahkan rekor Mercedes-AMG One? Tentu saja… Rekor waktu memang untuk dipatahkan bukan? Akan selalu ada yang lebih kencang dan jauh lebih cepat…

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x