Mercedes-Benz Tunjuk Inchcape dan Indomobil Untuk Perkuat Penjualan Di Indonesia

1 April 2023 | 7:51 am | Rizky Dermawan

Inchcape Motors Private Limited (Inchcape), dan PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (Indomobil), resmi mengumumkan joint-venture dan penunjukannya dalam kegiatan perakitan dan distribusi Mercedes-Benz AG di Indonesia.

 

Kabar yang sudah kami dengar sejak tahun lalu ini akhirnya terwujud. Ya, Mercedes-Benz AG memutuskan mengalihkan kegiatan operasional PT Mercedes-Benz Indonesia serta PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia kepada investor lokal yang berpengalaman dan global distributor operator yang kuat.

Matthias Lührs, Head of Region Overseas Mercedes-Benz Cars, mengatakan “Kami melakukan restrukturasi pada bisnis kami. Dengan tujuan menguatkan posisi di pasar Indonesia.” Ia juga menambahkan, restrukturisasi dengan menggandeng Inchcape dan Indomobil ini demi pabrikan itu berkembang.

Ya, pengalihan ini dilakukan untuk memperkuat posisi Mercedes-Benz di Indonesia sekaligus mengembangkan bisnisnya dengan menggandeng rekanan bisnis berpengalaman di bidang otomotif, dan sejalan dengan kebijakan dan peraturan pemerintah yang berlaku.

Mercedes-Benz AG, Inchcape dan Indomobil telah menandatangani perjanjian terkait jual-beli pabrik dan distributor Mercedes-Benz Indonesia. Proses produksi pada pabrik yang berlokasi di Wanaherang, Bogor akan terus berjalan tanpa gangguan. Seluruh karyawan tetap bekerja di bawah kepemilikan baru.

Ruslan Kinebas, Inchcape’s APAC CEO, mengatakan “Kami sangat senang untuk mengembangkan sayap kami di Indonesia. Dengan pengalihan kegiatan usaha Mercedes-Benz Indonesia ke usaha patungan kami dengan Indomobil. Yang mana dengan Indomobil, kami telah memiliki kerjasama distribusi yang kuat di Indonesia.”

Baca juga :  Kenapa Insulator Busi Bisa Retak?

Jusak Kertowidjojo, Direktur Utama Indomobil, menambahkan “Kami sangat percaya dengan keterlibatan kami sebagai entitas lokal yang kuat dalam kerja sama dengan entitas otomotif global, Inchcape, Mercedes-Benz dapat terus berkembang di Indonesia dan mendukung pemerintahan Republik Indonesia dalam mengembangkan industri otomotif di Indonesia ke depannya.”

Mercedes-Benz juga akan mendirikan sebuah perusahaan baru yang 100 persen dimiliki oleh Mercedes-Benz, untuk mendukung dan mengarahkan pemilik baru. Inchcape mengambil alih 70 persen, sementara Indomobil 30 persen.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x