Mercedes-Benz V-Class Dibenahi, Perubahan Terakhir Sebelum Pakai Platform Baru

28 July 2023 | 11:16 am | Indra Alfarisy

Mercedes-Benz mengumumkan bahwa mereka merombak penampilan jajaran keluarga MPV-nya. Termasuk varian penumpang bermesin pembakaran internal (V-Class), camper van Marco Polo, maupun EQV yang berpenggerak listrik. Ikut berubah juga varian untuk kepentingan komersial atau biasa dikenal dengan Vito dan eVito.

Mercedes-Benz V-Class baru.

Perubahan signifikan di mukanya. Grill lebih besar dan bemper baru

Deretan V-Class dan Vito sekarang, yang juga dijual di Indonesia, menggunakan chassis W447. Pertama kali muncul tahun 2019 lalu. Dikutip dari rilis yang kami terima, perubahan ini menjadi jembatan untuk memperkuat penjualan di segmen MPV, sebelum pabrikan Jerman ini mengganti generasinya. Mulai 2026, deretan MPV Mercedes akan menggunakan platform modular VAN.EA. Basis ini nantinya mengakomodir MPV listrik.

Camper van Marco Polo juga ikut berubah

Perubahan juga berlaku untuk camper van Marco Polo

Perubahan yang diberikan untuk V-Class, Marco Polo, maupun EQV dan Vito atau eVito cukup terlihat. Bemper depan baru, grille yang lebih lebar dan menjulur ke bawah. Mungkin desain grill seperti ini akan jadi trend untuk MPV besar, seperti yang sudah dilakukan Toyota untuk Alphard dan Vellfire. Tapi bentuk grill ini berbeda-beda terganting varian. Yang pasti, grill bisa diberikan iluminasi, yang tersedia sebagai fitur opsional.

Mercedes-Benz EQV dihadirkan hanya dalam varian Avantgarde. Sedangkan V-Class terdiri dari empat varian: Entry level, Style, Avantgarde dan Exclusive. AMG Line dijadikan varian opsional bersama dengan Night Package.

Baca juga :  MPV Listrik BYD M6 Mulai Dijual, Harganya Menggiurkan

Fitur Berderet

Desain interior baru, mengimbangi perubahan di luar. Kokpit MPV Mercedes-Benz ditandai oleh panel instrumen yang didesain ulang dengan layar sentuh, ventilasi udara baru yang bergaya dan setir dengan pengenalan hands-off kapasitif.

Dashboard dengan digitalisasi.

Ada banyak digitalisasi. Untuk pertama kalinya ada dua layar digital 12,3 inci

Untuk pertama kalinya juga, Mercedes-Benz V-Class, EQV dan V-Class Marco Polo dibekali sepasang layar lebar ukuran 12,3 inci. Fungsinya, satu untuk instrument cluster, satunya untuk kepentingan infotainment. Sistem operasinya pasti MBUX. Desain kabin ‘high-tech’ ini dikatakan menambah nilai untuk deretan van dan camper van tersebut.

Jok V-Class baru

V-Class baru dibekali inteiror mewah.

Sementara sistem bantu berkendara terdengar lebih lengkap. Mercedes-Benz V-Class kini punya Attention Assist, Headlamp Assist termasuk rain sensor. Tidak ketinggalan Active Distance Assist Distronic, Active Brake Assist yang memiliki kemampuan mendeteksi cross-traffic.

Mercedes-Benz Vito

Vito dan eVito punya fitur yang juga lengkap

Lainnya ada Blind Spot Assist, Active Lane Keeping Assist, Intelligent Speed Assist. Dan untuk memudahkan parkir mobil bongsor ini juga dibekali paket fitur bantu parkir bernama Park Package. Dengan catatan, fitur tersebut tersedia untuk V-Class, EQV dan Marco Polo.

Vito dan eVito yang berstatis mobil komersial memiliki fitur yang mirip karena tanpa Distronic dan Park Package. Pengganti fitur terakhir itu adalah kamera mundur.

Mercedes-Benz tidak menyebutkan adanya perubahan di bagian mesin. Jadi kemungkinan tidak berubah.

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x