Misteri Sosok New Mitsubishi Colt Akhirnya Terkuak!

14 June 2023 | 1:38 pm | Rizky Dermawan

Jawaban dari misteri potongan gambar sosok New Mitsubishi Colt akhirnya tersibak. Mitsubishi Motors Europe B.V., menampilkan wujud asli hatchback berukuran mungil dari Mitsubishi tersebut secara daring pada 9 Juni 2023 lalu. Hmm…sebentar, ini bukanlah Mitsubishi Colt yang melegenda di Indonesia ya…

Mobil yang sedianya dipasarkan di kawasan Eropa ini merupakan saudara seplatform dari Renault Clio generasi kelima. Meskipun demikian, pada Colt terbaru ini Mitsubishi tetap menorehkan desain khas. Khususnya dari hatcback Colt Plus yang terakhir kali mengalami facelift pada 2017 lalu.

Colt Modis dan Sporty

Tak heran jika siluet body mobil sepintas menyerupai saudara jauhnya yakni Renault Clio. Pasalnya, Colt terbaru memanfaatkan basis platform yang sama yakni CMF-B dari Renault-Nissan-Mitsubishi Alliance. Namun sebagai pembeda, wajah baru Colt dikemas dengan karakter desain Dynamic Shield khas milik Mitsubishi.

Tampilan depan terlihat garang dengan headlamp LED berbentuk ramping plus lampu DRL LED berbentuk hutuf-L. Pada bagian belakang terlihat kekar dan gagah berkat desain lampu belakang dan bumper yang mencuplik gaya desain Mitsubishi ASX.

Untuk area interior, kabin all-new Colt dikemas dengan gaya modern. Tak kalah keren dari Renault Clio. Fitur infotaintment dilayani oleh layar sentuh digital berukuran 7-inci atau 9,3-inci, tergantung pada varian. Pengemudi dapat mengakses fitur bantu berkendara Multi-Sense system melalui layar pada dashboard. Dengan sistem terpadu ini pengemudi dapat mengakses pengaturan mode berkendara : My Sense, Sport dan Eco. Pengaturan setting respon kemudi juga dapat diakses melalui fitur Multi-Sense. Canggih bukan?

Baca juga :  Produk Hankook Sekarang Ada di Jaringan Mazda Indonesia

Seperti halnya model mobil Mitsubishi terkini, fitur konektifitas ponsel nirkabel seperti Android Auto maupun Apple CarPlay juga menjadi kelengkapan standar pada Colt. Smartphone-link Display Audio (SDA) yang mengintegrasikan antara ponsel dengan sistem infotaintment menjadi fitur utama yang dibekalkan pada Colt.

Fitur pengisian daya ponsel nirkabel bakal menjadi fitur opsional pada Colt. Panel instrumen di balik kemudi pun dilengkapi dengan layar digital berukuran 7-inci (standar) dan 10-inci (opsional).

Fitur Berkendara Modern

Fitur bantu berkendara merupakan sistem terpadu yang saat ini menjadi bagian tak terpisahkan dari mobil modern.

Selain mengandalkan sensor pendeteksi, kamera merupakan salah satu bagian dari penunjang kinerja sistem bantu berkendara. Fitur canggih seperti traffic sign recognition, lane departure warning, cruise control bakal diaematkan pada Colt. Varian trim teratas nantinya bakal dilengkapi fitur blind spot warning, rear cross traffic alert, park assist, dan sistem kamera 360°.

Opsi Mesin Bensin dan Hybrid

Mengingat pasar otomotif Eropa saat ini menerapkan kebijakan standar emisi yang ketat, maka opsi mesin yang dibekalkan pada Colt pun menyesuaikan.

Varian HEV (Hybrid EV) yang hemat energi dan rendah emisi akan dibekali mesin 3-silinder 1.6-liter plus modul hybrid berupa dua motor elektrik. Satu unit berfungsi sebagai alternator-starter dan satu lagi berfungsi sebagai motor penggerak. Transmisi CVT multi-mode akan menyalurkan output daya total 141 hp. Energi listrik bersumber dari baterai berdaya 1.2 kWh.

Baca juga :  Kolaborasi BMW dan RSPB Hadirkan Luxury Shuttle Service

Untuk varian peminum bensin murni akan tersedia versi bermesin 3-silinder 1.0-liter bertenaga 66 hp, dan varian turbocharged beroutput 90 hp.

Perihal berapa harga jual mobil ini belum diumumkan secara resmi oleh pihak Mitsubishi. Namun menurut rencana, Colt akan mulai diproduksi di Bursa, Turki pada bulan September mendatang. Akhirnya compact hatchback Colt bakal kembali melenggang di pasar Eropa setelah absen selama hampir 9 tahun. Bagaimana dengan pasar Indonesia? Semoga saja…

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x