Mitsubishi Triton Sukses Bawa Dua Pembalapnya Naik Podium AXCR 2022

2 December 2022 | 1:20 pm | Rizky Dermawan

Mitsubishi Triton Ralliart sukses membuktikan performanya di Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 pada 21 – 26 November 2022 lalu.

Tim Mitsubishi Ralliart dan dua pereli yang diandalkan berhasil meraih kemenangan berkat usaha gigih Chayapon Yotha dari Thailand dan Rifat Sungkar, pereli andalan Indonesia sekaligus brand ambassador Mitsubishi yang menduduki posisi lima.

Lintas jalur AXCR 2022 menyajikan 6 Special Stage melintasi negara Thailand dan Kamboja sepanjang 1.700 km dengan tantangan maksimal. Ketangguhan Triton pun terbukti dengan menyelesaikan finish terdepan oleh Chayapon dengan total waktu 8 jam 22:42 detik. Sedangkan Rifat terpaut 17:14 detik di garis finis posisi lima, dengan Mitsubishi Triton Ralliart versi semi-standar.

Pembuktian Triton di ajang balap rally paling ganas di Asia ini, menjadi pembuktian terhadap kualitas dan durability tangguh di berbagai medan jalan. Menariknya, Rifat Sungkar tetap mempertahankan  sektor mesin dan sasis standar. Ia hanya melakukan penyesuaian pada ECU terhadap karakter medan rally yang diikutinya.

Triton Standar Jadi Andalan

Rasa bangga juga diungkapkan oleh President Director of PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Naoya Namamura, “Kami mengakui bahwa AXCR adalah debut pertama Mitsubishi Motors kembali ke Motorsports setelah bertahun-tahun. MMKSI sangat bangga dengan hasilnya.”

“Sedangkan dalam pengalaman pertama Rifat-san mengikuti reli yang berat ini, dia dapat tampil sangat baik secara profesional. Dengan dukungan dari mobil mumpuni yang dikelola oleh Team Ralliart. Melihat fakta bahwa mobil yang digunakan pada reli ini murni model produksi tanpa ada modifikasi berarti, sudah menjadi bukti nyata ketangguhan dan kekuatan Triton,” ujar Naoya Namamura.

Baca juga :  Pabrik GAC Aion Bisa Bikin Mobil Kurang Dari Satu Menit

Meskipun kondisi mobil standar, Rifat mengakui bisa mengimbangi pereli terdepan. Bahkan dirinya bisa dua kali mengejarnya di kilometer 12 dan 25. “Pada hari pertama, pereli yang leading berhasil saya ‘tangkap’ di kilometer 12, juga di kilometer 25. Tapi sayang, ada insiden ban pecah, membuat catatan waktu saya rugi waktu enam menit dari dia,” bebernya.

Meskipun kondisi mobil rusak parah di bagian ban serta shockbreaker, Triton Ralliart terus melaju dan kerusakan tidak merembet. Hingga bisa terus bertarung. “Saya takjub dengan Mitsubishi Triton Ralliart. Mobil ini sensasional!” bangga Rifat.

Untuk kebanggaan MMC, Mitsubishi Triton Ralliart versi AXCR ini dibuat replikanya dan dipajang di kantor pusat Mitsubishi Motors di Tamachi, Tokyo sejak 21 November lalu. 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x