Modifikasi BMW XM Gaya Rusia

7 August 2023 | 2:00 pm | Rizky Dermawan

Dari sederet mobil SUV yang pernah dibuat oleh BMW, mungkin yang desainnya terbilang paling radikal adalah BMW XM. Usianya belum genap setahun, namun SUV PHEV garapan BMW M ini telah memikat banyak tuner dan modifikator. Salah satunya adalah Renegade Design atau lebih populer dengan label RNG Design, yang keluar dengan modifikasi BMW XM yang enak dilihat.

Tuner asal Rusia yang berdiri sejak tahun 2005 dan kini bermarkas di Dubai ini cukup ternama di kancah modifikasi mobil sport dan mobil mewah. Sebagian besar mobil hasil garapan RNG tampil ekstrim dan garang. Ya, desain khas Rusia. Nah, seperti apa jadinya jika BMW XM dikustom dengan gaya Rusia?

Kurang Sangar

Bagi sebagian orang mungkin tampilan BMW XM terlihat sangar. Tapi ada pula yang bilang wajahnya malah kurang sangar dan justru terlihat aneh bin absurd.

Bahkan banyak yang melihat grille model “ginjal” ciri khas BMW pada XM mirip lubang hidung banteng. Ya, ukuran grillenya memang besar.

Empat laras knalpotnya pun tidak berjajar, tapi bersusun 2-2 di kiri dan kanan. Desain yang terlihat tak lazim. Hal inilah yang membuat RNG Design kemudian membuat body kit khusus untuk merubah tampilan BMW XM.

Serat Karbon Jadi Pilihan

Pada body kit yang digarap oleh RNG Design, sebagian besar material yang digunakan adalah serat karbon. Selain bobotnya sangat ringan, tekstur bahan serat karbon yang khas kian memperkuat kesan misterius dan garang ala mobil SUV gaya Rusia.

Baca juga :  Seribu Unit Chery Omoda E5 Telah Diserahkan Kepada Konsumen

Ubahan pada bagian depan tidak terlampau banyak. Tapi membuat wajah XM berubah lebih misterius.

Di sekeliling grille diimbuhi frame serat karbon, menggantikan frame standar yang bernuansa mengkilap. Bagian bumper depan pun sedikit dirombak dengan add-on lip spoiler dan sirip splitter macam mobil balap GT. Sementara kap mesin standar diganti dengan versi serat karbon. Ukuran lubang intakenya tak terlampau besar.

Merambah ke bagian samping, fender standar diimbuhi extender over fender serat karbon dengan guratan garis yang tegas.

Suspensi dipasangi lowering kit agar ground clearance jadi lebih rendah. Hasilnya, satu set pelek forged model ‘snake tongue’ spoke berwarna hitam lansiran HRE pun tampil celup dengan sempurna di rongga fender yang extra lebar.

Pelek gambot dari brand aftermarket asal California ini tengah digandrungi para pecinta mobil berbody ceper yang ditopang roda ukuran extra besar.

Pada bagian bawah dek pintu diimbuhi side skirt yang juga berbahan serat karbon. Batok spion standar pun diganti dengan bahan serat karbon.

Bagian belakang pun tak luput dari ubahan. Pada ujung atap belakang dipasangi roof spoiler. Bumper belakang dipermak dengan sirip diffuser yang ukurannya lebih besar.

Dengan body kit serat karbon dan pelek gambot, tampilan BMW XM kini makin sangar bukan? RNG Design tak mencolek area interior maupun performa. Masih standar. Hanya saja mereka tak mengungkap berapa total biaya untuk paket body kit BMW XM ini.

Baca juga :  Toyota New Rush 2024 Sudah Bisa Dibeli, Bedanya Apa?

Terlebih lagi hanya ada 10 paket body kit saja yang akan dibuat. Hmm… bakal merogoh kocek cukup dalam nampaknya untuk kit edisi yang sangat terbatas dan eksklusif ini.

4.7 3 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x