Modifikasi Toyota Rangga Inspirasikan Peluang Usaha Baru

19 February 2024 | 8:30 am | Aldi Prihaditama

Sejak diinisiasi pada bulan Agustus 2023 silam, menempuh sejumlah kurasi dan penilaian mendalam, akhirnya kompetisi Toyota Rangga Concept Digital Modification Contest (Digimodz) mencapai puncaknya. Akhirnya terpilih tiga karya modifikasi yang dapat memberikan inspirasi peluang usaha baru.

Gambaran seutuhnya dari ide konversi

PT Toyota-Astra Motor (TAM) bersama NMAA (National Modificator and Aftermarket Association), membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mengeksplor berbagai ide konversi Toyota Hilux Rangga. Selanjutnya ide kreatif yang terpilih dibuatkan model skala 1:1. Guna menggambarkan seutuhnya hasil desain konversi ketika diaplikasikan pada versi produksi massal.

Peserta dari coachbuilder mengerjakan sendiri modifikasi Hilux Rangga Cab & Chassis, sedangkan peserta perorangan menggandeng modifikator yang telah berpengalaman. Setelah melalui tahapan penjurian yang ketat, akhirnya diputuskan karya tiga besar Toyota Rangga Concept Digimodz. Posisi pertama dimenangkan oleh Campervan (CV. Delima Mandiri), disusul posisi kedua ialah Ditpolsatwa (DSP Styling), dan di posisi ketiga merupakan adalah Chicken Transporter (Dhandy Mustika).

Kebutuhan yang spesifik dan beragam

“Toyota-Astra Motor ingin masyarakat luas turut memberikan kontribusi pada pengembangan Toyota Hilux Rangga dengan menciptakan desain konversi sesuai kebutuhan pelanggan yang semakin spesifik dan beragam. Toyota melihat bahwa masyarakat merupakan pihak yang paling mengerti peluang bisnis yang sesuai,” ujar Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor.

Baca juga :  Neta V-II Resmi Dirakit di Indonesia, Akan Meluncur di PEVS 2024

Lahirnya Toyota Hilux Rangga tentu tidak terlepas dari kesuksesan Toyota Kijang Pick Up di masa lalu. Mobil ini banyak memikat masyarakat karena mengajak karoseri lokal dalam pengembangannya. Kini, Toyota memperluas kolaborasi dengan mengajak publik ikut merancang desain kendaraan niaga multiguna Toyota Hilux Rangga.

Memberikan banyak dampak positif

Sebagai pemenang pertama, CV. Delima Mandiri berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp 20 juta untuk desain dan Rp 20 juta untuk modifikasi. Sementara DSP Styling mendapatkan hadiah senilai Rp 15 juta untuk desain dan Rp 15 juta untuk modifikasi. Terakhir, Dhandy Ramadhan mendapatkan hadiah sejumlah Rp 10 juta untuk desain. Dan Akasia Motor mendapatkan hadiah Rp 10 juta untuk modifikasi.

“Semoga desain para pemenang dapat diaplikasikan dalam produksi massal kelak dan menginspirasi lebih banyak lagi desain konversi yang sesuai kebutuhan usaha dan gaya hidup pelanggan. Melalui kompetisi ini, diharapkan lahir berbagai usaha baru atau ide kreatif lainnya yang dapat memberikan banyak dampak positif untuk kemajuan ekonomi Indonesia,” tutup Anton Jimmi Suwandy.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x