MV Agusta Luncurkan Edisi Khusus Dragster SCS America Edition 2023

14 July 2023 | 4:57 pm | Rizky Dermawan

Tak hanya kondang di kawasan Eropa, brand sepeda motor asal Italia, MV Agusta ternyata juga sangat populer di Amerika Serikat sejak lama.

Model yang menjadi peletak sejarah kepopuleran MV Agusta di AS yakni 750SS lansiran tahun 1973. Naked bike spek khusus untuk pasar AS ini dikemas dengan livery warna Merah, Biru dan Putih. Elemen warna dari bendera kebangsaan Amerika Serikat.

Sejak saat itu, MV Agusta selalu menampilkan model edisi khusus Amerika Serikat, khususnya model naked bike. Di antaranya yakni Brutale 750 tahun 2004 dan Brutale 1090 RR tahun 2012.

Model terakhir dari edisi ‘America’ yakni Brutale 800 RR tahun 2017. Enam tahun telah berlalu dan kini MV Agusta kembali meluncurkan model khusus untuk para fans mereka di AS yakni Dragster SCS America Edition. Seberapa istimewakah model ini?

Naked Bike Petarung Jalanan

Naked bike MV Agusta Dragster SCS ‘America’ ini tampilannya memang sangat garang. Level machonya begitu kental ala motor petarung jalanan.

Meskipun ini adalah model edisi khusus, namun spek performanya tak berbeda dari varian biasa. Output tenaga mesin 3-silinder 798 cc yang diusungnya tetap 140 hp. Sentuhan pada kemasan tampilan lebih diutamakan. Performa dirasa tak perlu diracik ulang.

Yang istimewa dari varian model SCS ini tentu saja teknologi kopling Smart Clutch System yang dipadukan dengan transmisi manual 6-speed.

Baca juga :  Tahun Depan GR Corolla Punya Varian Automatic 8-Speed

Pada sistem kopling SCS terdapat fitur kopling otomatis Radius CX. Perpindahan naik-turun gigi diby-pass alias tanpa perlu menarik tuas kopling. Respon perpindahan gigi pun menjadi lebih halus.

Fitur seperti ride–by-wire throttle, kruk-as dengan rotasi balik, IMU enam titik, dan steering damper dengan 8 tingkat setelan menjadi kelengkapan standar.

Meskipun sepintas tampilannya identik dengan varian standarnya, namun tetap ada ciri khas sebagai pembeda. Motor edisi spesial ini dibekali dengan paket ‘Special Parts Kit’. Mulai dari cover bak kopling SCS model transparan, selimut pembungkus body motor berdesain khusus, dan tentu saja sertifikat penanda model edisi terbatas.

Untuk kit dan aksesoris opsional, terutama pendongkrak performa juga tersedia cukup banyak. Salah satunya yakni knalpot sport berbahan titanium dari Akrapovič plus modul ECU khusus. Output tenaga mesin pun akan terkoreksi menjadi 148 hp.

Sebagai penanda, nomor seri khusus digrafir menggunakan laser pada bagian atas segitiga komstir. Dan tentu saja, model Dragster SCS America dikemas dengan livery kombinasi warna Merah, Putih dan Biru pada body. Sedangkan pada jok tersemat sulaman bertuliskan “America Special Edition”. Ya, dijahit manual, bukan dengan mesin bordir. Penggarapan motor ini benar-benar istimewa.

Hanya 300 Unit Saja…

Sesuai label namanya, MV Agusta Dragster SCS America hanya dipasarkan di AS dan Kanada. Jumlahnya pun sangat terbatas, hanya 300 unit.

Baca juga :  Pertimbangan Kuat Untuk Punya Toyota Yaris Cross Hybrid

Model edisi terbatas ini telah tersedia di jaringan dealer MV Agusta di seantero Amerika Serikat dan Kanada sejak 11 Juli 2023. Harga per unitnya $28,247 atau sekitar Rp 421,8 jutaan (off the road). Aaah… sayang sekali, hanya untuk kawasan AS dan Kanada.

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x