New Honda Breeze Debut Perdana Di China Dengan Variant 7-Seater

14 December 2022 | 7:15 pm | Rizky Dermawan

Menyusul debut generasi terbaru CR-V di Amerika Serikat, kini giliran kembarannya yakni Honda Breeze yang buka selimut di Negeri Tirai Bambu. Meski berasal dari platform model yang sama, namun Breeze yang khusus dipasarkan di China memiliki tampilan dan spek yang sedikit berbeda.

Jika CR-V, khususnya pada US-spec tampil dengan tampulan sporty dan agresif, Honda Breeze justru tampil lebih elegan. Sebagai pembeda dari saudaranya, Honda Breeze mengalami sentuhan ulang pada tampilan depan dan belakangnya. 

Honda Breeze vs CR-V, Mirip Tapi Beda Gaya

Pada bagian depan, Breeze tampil dengan grille berukuran lebih kecil. Lubang air intake pada bemper depan pun jauh lebih besar. Desain headlamp LED pada Breeze yang lebih tipis juga berbeda dari CR-V.

Secara sepintas, bagian samping keduanya baik Breeze maupun CR-V nampak serupaCR-V nampak serupa. Eits…ternyata tidak demikian. Jika fender dan garnish panel body CR-V dihiasi cover plastik, body Breeze terlihat lebih klimis dengan warna body yang utuh.

Beralih ke area buritan, pintu belakang tidak menggunakan lampu model susun seperti pada CR-V. Tapi dikemas dengan lampu belakang LED model horizontal. Lengkap dengan spoiler.

Desain ulang pada bemper depan dan belakang Breeze membuat panjang keseluruhan terkoreksi menjadi 4.716 mm, atau 22 mm lebih panjang dari CR-V. Sementara ukuran dimensi lainnya tak mengalami perubahan, termasuk jarak antar sumbu roda 2.700 mm.

Baca juga :  Hyundai Bersama ITB Kembangkan Fitur Perintah Suara Berbasis AI

Namun dibandingkan dengan Breeze generasi pertama, body gen-2 lebih panjang 80 mm, dan wheelbase lebih mulur 40 mm. Hal tersebut mengindikasikan kabinnya kini lebih lapang dari sebelumnya.

Breeze Hadir Dalam Versi 7-Seater

Kemasan interior Breeze dan CR-V generasi terbaru nyaris identik, terutama pada lubang ventilasi, panel instrument pada dasbor, setir hingga layar infotaintment digital. Konten fitur teknologi berkendara yang diusung oleh pun tak berbeda dari CR-V, termasuk fitur Honda 360 Sensing.

Honda Breeze juga hadir dalam versi 7-penumpang seperti halnya pada CR-V spek RRC terdahulu. 

Di sektor mesin, Honda Breeze dibekali mesin yang serupa dengan CR-V. Empat silinder bensin berkapasitas 1.5-liter. Tentu sudah ada turbocharger. Tetap menghasilkan output 190 hp / 243 Nm. Sistem penggerak yang ditawarkan juga serupa. Yakni gerak roda depan (FWD) dan all-wheel drive (AWD) dengan transmisi CVT.

Honda Breeze diproduksi bersama oleh GAC dan Honda di Guangzhou, RRC kemungkinan bakal hadir dalam versi plug-in hybrid (PHEV) maupun versi hybrid e:HEV. Sayang, Breeze versi elektrifikasi ini masih belum akan muncul dalam waktu dekat.

Bagi para konsumen Honda di RRC, Breeze akan segera dipasarkan menjelang tutup tahun 2022. Hanya saja, Breeze rencananya dibanderol mulai dari 185,900 Yuan atau setara Rp 414, 5 juta agak sedikit lebih mahal dari CR-V.

Honda Breeze

Hmm… mungkinkah PT Honda Prospect Motor bakal memboyong Breeze.. eehm… New CR-V versi 7-seater ke Indonesia? Akan seru pastinya.

Baca juga :  Handover Citroën Ë-C3 Dihadiri Oleh 50 Konsumen Pertama

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x