Nissan GT-R 2024, R35 Menolak Tua!

13 January 2023 | 6:00 pm | Rizky Dermawan

Tak berbilang berapa banyak pasang mata dan kamera yang termanggu menatap booth Nissan di Tokyo Auto Salon 2023 hanya untuk menyaksikan seperti apa wajah baru dari Nissan GT-R R35 2024 ini.

Generasi GT-R yang tak lagi menyandang label “Skyline” ini debut perdana pada tahun 2007 silam, namun pamornya seakan tak luntur digerus waktu. Namun memang seharusnya sudah berganti generasi. 

Meski GT-R versi terbaru yang dibuka selubungnya semalam hanya sedikit bersolek, tapi grand tourer bermesin twin-turbo berpenggerak AWD ini, seolah menolak untuk menua apalagi pensiun. Setidaknya hingga beberapa waktu mendatang.

Peremajaan Wajah Agar Awet Muda

Sentuhan peremajaan pada tampilan kosmetik GT-R seolah menyiratkan bahwa GT-R masih layak dipertahankan. Namun alasan sebenarnya adalah sosok generasi R36 yang dinantikan kemunculannya masih belum matang.

Sejumlah ubahan meliputi bagian depan, belakang dan perangkat aerodinamika. Perubahan pada wajah GT-R terlihat pada grille yang kini lebih mirip GT-R R34. Lampu pada sudut bumper depan kini bentuknya membulat. Kasa yang ada di atas grille pun kini lebih tipis dan memanjang.

Tampilan pada bagian belakang pun tak luput dari peremajaan. Area sekeliling empat laras pipa exhaust kini tampil dengan kawat kasa berwarna hitam pupus. Guratan garis body bagian belakang dan sayap spoilernya pun kini terlihat lebih tegas dan kekar.

GT-R T-Spec Bagi Para Pelahap Sirkuit Balap

Varian yang paling dinanti para pelahap aspal sirkuit balap yakni GT-R T-Spec pun muncul pada model tahun 2024. Jumlah unitnya pun sangat terbatas.

Dan persis seperti yang diprediksi, kasta tertinggi dari GT-R (R35) ini hadir dengan warna Millennium Jade. Warna yang sangat istimewa karena hanya digunakan pada R34 GT-R V-Spec II Nurburgring yang super langka. Opsi warna lainnya yakni Midnight Purple yang merupakan warna R34 GT-R V-Spec.

Velg forged 20-inci berkelir Gold lansiran RAYS terbenam di dalam fender T-Spec yang lebar dan kekar. Rem cakram karbon keramik Brembo siap meredam laju GT-R T-Spec.

Pada kokpit model spesial ini masih dengan nuansa warna Mori Green gelap. Jok sport model bucketnya dikemas dengan bahan semi-aniline dan kain bertekstur suede. Vehicle Dynamic Control racikan NISMO juga dibekalkan pada T-Spec.

Untuk variant Premium dan T-Spec masih dibekali mesin 3.8-liter, 24-valve, twin-turbo V-6 bertenaga 565 hp dengan to 633 Nm. Seluruh blok mesin tetap dirakit manual oleh teknisi khusus.

Sistem exhaust titanium, penggerak AWD ATTESA ET-S berikut transmisi automatic 6-speed dual-clutch dengan paddle shift menjadi fitur standar pada variant Premium dan T-Spec. Kendali setting suspensi Bilstein DampTronic dilakukan via konsol tengah dengan pilihan mode: NORMAL, COMFORT dan R.

NISMO Spec

Varian NISMO pun kembali hadir untuk model 2024. Berbekal turbo dari mobil balap GT3, output tenaga melonjak menjadi 600 hp dengan torsi maksimum 652 Nm plus tarikan throttle yang lebih responsif.

Ubahan yang tak kentara pada versi 2024 yakni setting limited-slip differential depan yang lebih agresif. Rem cakram Brembo pada spec NISMO pun kini ukurannya lebih besar.

Body kit pada varian NISMO pun kini tampil lebih garang dan dengan imbuhan komponen serat karbon yang melimpah. Mulai dari area bumper depan, kap mesin, atap, fender, side sill, sayap spoiler belakang hingga kaca spion. Sayap spoiler belakang bagian atas varian NISMO kini tampil dengan desain baru yang lebih mendongak untuk meningkatkan gaya tekan gravitasi. Seperti halnya varian T-Spec, pada varian NISMO pun dibekali velg 20-inci lansiran RAYS.

Pada area kokpit, varian NISMO dilengkapi jok sport lansiran Recaro berbahan suede sintetis plus aksen jahitan benang warna merah plus setir berbalut kulit Alcantara.

Peremajaan yang tak terlalu mengecewakan untuk Nissan GT-R R35 yang telah menginjak usia 16 tahun. Semoga generasi GT-R segera berganti dengan evolusi yang lebih greget.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Feri sudarayanto
2 months ago

Apakah kita diprank nissan ya seduniašŸ˜³

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x