Nissan Patrol Nismo Siap Melibas Gurun Timur Tengah

25 June 2025 | 7:43 pm | Rizky Dermawan

Nissan Patrol merupakan ikon legendaris yang melambungkan nama Nissan di dunia otomotif, terutama kancah SUV selama beberapa dekade. Tak hanya tampil garang, Patrol generasi Y63 kini punya performa menggelegar berkat sentuhan Nismo. Ya, Nissan Patrol Nismo yang debut perdana di Dubai ini diramu khusus untuk para pecinta SUV di kawasan Timur Tengah. Eits, ternyata Australia dikabarkan juga bakal jadi dapat jatah versi setir kanan. Kedua kawasan ini memang pasar potensial Nissan untuk SUV berukuran besar seperti Patrol.

Di balik bonnetnya terpasang mesin diesel 3.5-liter V6 twin-turbo bertenaga 495 hp yang bermain di putaran 5.600 rpm. Torsi puncak sebesar 700 Nm dapat dirasakan di putaran 3600 rpm. Output tenaganya yang 70 hp lebih besar dari versi standar membuatnya jadi Patrol paling bertenaga. Mesin racikan handmade para spesialis di pabrik Nissan Iwaki, Jepang ini dipadukan dengan transmisi automatic 9-speed.

Rival terdekatnya yakni Toyota LandCruiser GR Sport, yang bermesin diesel 3.3L V6 twin-turbo torsinya sama yakni 700Nm. Tapi output tenaga cuma 304,4 hp.

Tampilan eksterior didominasi body kit lansiran NISMO. Mulai dari sentuhan pada grille model V-Motion hingga fender dan bumper depan serta belakang. Untuk pelek pakai model forged alloy 22-inci berbalut ban ukuran 275/50R22. Bobot pelek NISMO sekira 23 persen lebih ringan dari pelek standar.

Baca juga :  Rocky Gerung Soroti Kendaraan Over Dimension di Indonesia, No Rocky No Party?

Kuat Lahir Batin

Sistem suspensi tentu saja pakai jenis active damper racikan NISMO. Sistem kemudi dengan kedali elektronik juga di-setting ulang agar lebih presisi saat bermanuver.

Knalpot juga tak luput dari sentuhan ala NISMO. Peredam dengan teknologi Active Sound Enhancement bikin deru mesin V6 racikan NISMO pada Nissan Patrol makin syahdu.

Dengan paket bodykit, maka dimensi Patrol NISMO menjadi sedikit lebih besar dari versi standard. Panjang bodi kini jadi 5.295 mm (+90mm), dan lebarnya jadi 2070 mm (+40mm). Tinggi bodi tetap 1.945 mm. Jarak wheelbase pun tetap 3.075 mm.

Perubahan sedikit terjadi pada overhang, depan yang kini menjadi 1.020 mm dan di belakang jadi 1.200 mm.

Karena penggunaan body kit model sport dan dimensi bodi yang berubah, maka hitungan untuk kemampuan off-road pu otomatis ikut terkoreksi.

Patrol NISMO kini punya sudut masuk (approach angle) 23°. Sudut batas kolong (ramp angle) 26° dan sudut keluar (departure angle) 25,5°. Ground clearance pun turun dari 244 mm jadi 195 mm. Jelas jika Patrol NISMO bukan untuk disiksa di lumpur dan trek.off-road ekstrem, tapi lebih ke pelahap aspal jalan raya.

Bagaimana, makin keren kan?

3 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x