Nostalgia, Toyota GR Yaris Rally2 Livery Castrol WRC 1993

27 March 2024 | 1:41 pm | Rizky Dermawan

Bernostalgia dengan livery mobil balap era tempo dulu tak hanya dilakukan para penyuka modifikasi. Tim balap pabrikan pun melakukan hal serupa. Salah satunya adalah Toyota. Dua mobil rally Toyota GR Yaris Rally2 yang bakal berlaga di British Rally Championship 2024 tampil dengan livery nan ikonik.

Hal ini terjadi pada acara debut perdana tim balap “Castrol MEM Rally Team” di Rolls of Monmouth, Inggris beberapa hari lalu. 

Nostalgia Team Castrol Toyota

Mobil rally legendaris Toyota Celica GT-Four ST185 team Castrol Toyota memang tidak sembarangan. Dibesut pereli Carlos Sainz, Juha Kankkunen dan Didier Auriol sukses melambungkan pamor Toyota dan Castrol di jagad rally dunia.

Kini, sekujur bodi GR Yaris Rally2 ini dikemas livery ikonik Castrol Toyota dari mobil rally Celica GT-Four ST185 yang berlaga di WRC 1993 ini.

Mobil rally yang berlaga di kelas Group A ini dibekali mesin 2.0-liter 4-silinder turbo dengan transmisi sequential 6-speed lansiran Xtrac.

Livery Jimat Keberuntungan

Pemilihan livery ikonik team Castrol bukan lantaran kebetulan mobilnya juga lansiran Toyota. Tema warna ini merupakan simbol kejayaan Toyota dan brand pelumas Castrol pada saat itu.

Penggunaan kembali livery ikonik ini diharapkan jadi “jimat” yang bakal membawa keberuntungan. Selain menggugah kembali brand image yang telah begitu melekat di kalangan konsumen selama beberapa dekade.

Baca juga :  Penjual BYD Sekarang Ada di Cibubur

Desain digarap oleh Keane Design. Agar terlihat kekinian, tampilannya dikemas ulang dan disesuaikan dengan kontur bodi Toyota GR Yaris Rally2.

Mobil rally Toyota GR Yaris Rally2 dikembangkan oleh Toyota Gazoo Racing di Finlandia dan dihomologasi sesuai regulasi WRC2. Pengembangan mobil ini dimulai sejak tahun 2022.

Mesin yang diusung masih murni peminum BBM, tanpa perangkat hybrid seperti spek regulasi Rally1. Mesin 3-silinder turbo 1.6-liter dipadukan dengan transmisi sequential 5-speed plus penggerak all-wheel drive (AWD).

Pada seri kejuaraan British Rally Championship 2024 ini, Castrol MEM Rally Team akan dipiloti oleh Meirion Evans, Jonathan Jackson, Chris Ingram dan Alex Kihurani.

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x