Begini Strategi Penjualan Mitsubishi di Indonesia Tahun 2025

19 May 2025 | 12:32 pm | Indra Alfarisy

Tahun 2024 lalu, performa penjualan kendaraan roda empat di Indonesia memang tidak bisa dibanggakan. Namun penjualan Mitsubishi di tahun fiskal 2024, sukses menetak 71.451 unit. Diungkap di Jakarta pada Jumat (16/05) lalu.

Untuk mengingatkan, tahun lalu pangsa pasar otomotif roda empat atau lebih, hanya berada di 889.680 unit, atau turun 10,9 persen.

Sedangkan angka 71.415 unit tersebut menjaga pangsa pasar Mitsubishi di 8,2 persen. Secara rinci, dijelaskan oleh MMKSI, APM Mitsubishi di Indonesia, “Capaian terdiri dari penjualan kendaraan penumpang sebanyak 49.559 unit, dan kendaraan niaga ringan sebanyak 21.892 unit.”

Diperjelas lagi, Mitsubishi Xpander sukses terjual sebanyak 18.853 unit, sedangkan Xpander Cross 11.495 unit. Kedua produk ini menguasai 23 persen segment Low SUV/Low MPV. Sementara penjualan Mitsubishi XForce tercatat 7.108 unit di tahun fiskal 2024. Menguasai 14 persen segmen small SUV Indonesia. Sementara itu, Mitsubishi Pajero Sport laku sebanyak 12.100 unit atau ‘memegang’ 40 persen di segmen medium SUV.

55 Tahun Mitsubishi di Indonesia

DST Concept akan masuk jalur produksi tahun 2025

Tahun ini, MMKSI sudah 55 tahun berada di Indonesia. Mereka mentargetkan untuk peningkatan penjualan Mitsubishi dan menguasai 10 persen pangsa pasar kendaraan roda empat di Indonesia. Untuk mencapai target penjualan tersebut MMKSI akan peluncuran model-model baru, termasuk model yang benar-benar baru pada tahun ini. Salah satunya adalah versi produksi mobil konspe DST yang sudah berseliweran di jalan. 

Baca juga :  Diler BMW MINI Eurokars PIK 2 Resmi Dibuka, Investasi Tembus Rp 200 Miliar!

Tentunya, model baru tanpa didampingi rayuan promo tidak akan mulus jalannya. “Untuk mempermudah konsumen dalam proses kepemilikan kendaraan dengan menyediakan berbagai pilihan program penjualan menarik, antara lain seperti, uang muka dan bunga ringan, lucky draw, hingga dukungan program pembiayaan.

Ditambah meningkatkan frekuensi pameran untuk menjangkau lebih banyak konsumen, serta menambah paling tidak 13 dealer lagi. Dengan penambahan itu jumlah penjual Mitsubishi di Indonesia akan mencapai 188 tempat.

Purna Jual Cemerlang

peluncuran Xpander dan xpander cross 2025

Sementara itu, dari sisi layanan purna jual, pencapaiannya lebih tegas. Menurut MMKSI, tahun 2024 lalu jumlah kunjungan ke dealer resmi Mitsubishi meningkat sebesar tiga persen. Selain itu, pertumbuhan penjualan suku cadang, aksesoris dan genuine part naik sebesar dua persen dibandingkan dengan tahun fiskal 2023.

Lalu berkat penerapan “Passion to Care’” melalui layanan secara menyeluruh di tahun 2024, Net Promotor Score (NPS) MMKSI naik 22,7 poin dibanding tahun sebelumnya, dengan skor akhir 66,7 poin. Customer Satisfaction Index (CSI), yang mencermikan kepuasan pelanggan terhadap sebuah layanan, diklaim meningkat 13 poin.

Hal tersebut dikatakan menjadi motivasi MMKSI untuk terus memperbaiki dan menyempurnakan layanan yang sudah ada.

MMKSI juga melakukan survey internal yang menghasilkan kesimpulan bahwa Mitsubishi berada dalam posisi tiga besar, soal persepsi masyarakat mengenai merek Jepang ini. Atau dengan kata lain, kalau ada yang sedang cari mobil, Mitsubishi selalu ada di benak mereka.

Baca juga :  JAECOO Siapkan Target 40 Dealer di Seluruh Indonesia

Sedangkan dari sisi model kendaraan, semua model Mitsubishi Motors yang dipasarkan di Indonesia berada di posisi tiga besar teratas tiap
segmennya, mulai dari segmen small-MPV, small-SUV, Mid–SUV, hingga model-model kendaraan niaga ringan.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada konsumen setia Mitsubishi Motors, rekan media masa nasional, serta seluruh pihak yang telah mendukung proses perkembangan bisnis Mitsubishi Motors di Indonesia. Sehingga dapat melewati berbagai tantangan ada di tahun 2024 dan meraih capaian positif,” kata Atsushi Kurita, President Director PT MMKSI.

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x