Perodua Axia Mulai Terima Pesanan, Daihatsu Ayla Kapan?

31 January 2023 | 1:43 pm | Indra Alfarisy

Kejutan datang dari perusahaan pembuat mobil negeri Malaysia, Perodua. Mereka membuka pemesanan untuk mobil Perodua Axia generasi terbaru. Apa itu? Axia adalah saudara kembar Daihatsu Ayla dan Toyota Agya.

Seperti kami kabarkan sebelumnya, generasi terbaru Agya/Ayla dan Axia akan diperkenalkan tahun ini. Namun di luar kebiasaan, Perodua sepertinya yang akan memperkenalkan lebih dulu kendaraan perkotaan itu. Bukan Daihatsu di Indonesia.

Perodua Axia flyer

Perodua Axia akan ditenagai mesin yang disebut EEV, dengan transmisi D-CVT. Menurut selebaran di dunia maya yang kami dapat, tidak disebutkan itu mesin apa. Namun kemungkinan besar masih memakai mesin lama, 3-silinder 1,0 liter yang dilengkapi dengan pengaturan VVT-I. Tentunya karena ini adalah generasi baru, pasti ada peningkatan.

Perubahan terbesar di sektor penggerak adalah, seperti yang Anda baca di atas, transmisi CVT. Sebelumnya, Axia seperti Agya dan Ayla, menggunakan metik torque converter biasa. D-CVT singkatan dari Dual Mode CVT.

Perodua Axia

CVT Unik

Ini adalah gearbox CVT pertama di dunia yang menggunakan split gear di dalamnya. Intinya, transmisi menggunakan sabuk seperti CVT biasa, untuk bergerak. Tapi ditambahkan juga dengan gear konvensional.

Saat mulai bergerak hingga kecepatan menengah, cara kerjanya seperti kebanyakan CVT. Tenaga dari mesin ditangkap oleh torque converter kemudian beralih ke input pulley sebelum disalurkan melalui belt ke output pulley lalu ke roda depan.

Baca juga :  Fitur Toyota Yaris Cross Hybrid Yang Bikin Tentram

Spec Axia

Saat kecepatan mulai tinggi, D-CVT akan beralih ke drive gear dan mengurangi beban belt serta pulley. Diklaim, sistem ini akan meninggikan efisiensi BBM dan memperpanjang umur CVT, tanpa mengurangi kehalusan. Perodua mengklaim konsumsi BBM Axia baru mencapai 27,4 km/liter.

Selain itu, brosur Axia baru juga menyatakan ada Smart Drive Assist. Namun tidak diketahui seluas apa kemampuan smart assist ini. Ada juga fitur keselamatan berupa enam airbag di kabin. ABS, EBD, BA hingga Hill Start Assist dan Traction Control jadi fitur standar.

Hatchback ini terbagi menjadi empat varian. Axia G yang paling standar. Urutan berikutnya ada Axia X, SE dan AV sebagai yang paling lengkap. 

Lalu, kapan Daihatsu dan Toyota akan memperkenalkan Agya/Ayla? Sepertinya tidak akan lama lagi. Tunggu saja. 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x