Produksi Porsche Panamera Tembus 2 Juta Unit

18 December 2023 | 5:55 pm | Rizky Dermawan

Siapa yang mengira jika sedan sport liftback 5-pintu yang diperkenalkan Porsche AG di Shanghai Auto Show pada tahun 2009 silam bakal sukses. Ya, Porsche Panamera. Mobil hasil rakitan pabrik Porsche di Leipzig, Jerman ini angka produksinya baru saja tembus 2 juta unit. Seperti apa mobil yang istimewa ini?

Nah, yang menjadi unit produksi nomor 2 juta dari Panamera adalah sebuah Porsche Panamera Turbo E-Hybrid model tahun 2024 berkelir Madeira Gold Metallic. Baluran warna yang dipilih pun bukan warna biasa. Inilah warna dari model perdana Porsche Panamera generasi ketiga.

Mobil ini tak masuk museum Porsche, namun dikirim langsung kepada sang pemesan yang berdomisili di Dubai. Dilengkapi sejumlah paket opsional dan sentuhan personal, antara lain pelek model centerlock ala mobil balap yang dibalut ban high performance Michelin Pilot Sport. Rem cakramnya pun versi keramik-karbon.

Panamera Turbo E-Hybrid tak sekadar mewah, tapi juga kencang. Mobil ini hanya butuh 3 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam. Top speed dibatasi hanya 314 km/jam, meskipun masih bisa lebih kencang dari itu. Apakah nasib Panamera bakal benar-benar tutup buku, atau berevolusi menjadi versi penghisap elektron? Masih belum dapat dipastikan.

Leipzig Pabrik Porsche Terbaik

Fasilitas manufaktur Porsche di Leipzig yang resmi beroperasi pada tahun 1998 ternyata punya sejarah yang cukup panjang dan unik.

Baca juga :  Pilihan Warna Baru Yamaha Fazzio Hybrid-Connected

Supercar legendaris Porsche Carrera GT pernah diproduksi di sini. Dari target sebanyak1.500 unit yang akan diproduksi, supercar bermesin V10 ini hanya dibuat 1.270 unit. Carrera GT pun kemudian digantikan 918 Spyder.

Lain lagi ceritanya dengan Panamera yang berhasil mengharumkan nama Porsche. mobil ini pertamakali dirakit di Leipzig pada tahun 2009. Mesin masih dirakit di Zuffenhausen-Stuttgart, Jerman.

Fasilitas pembuatan bodi dan sasis serta proses pengecatan di Leipzig mulai beroperasi penuh pada tahun 2013. Panamera generasi kedua diproduksi di sini mulai tahun 2016.

SUV yang tak disangka bakal sukses yakni Cayenne pun pernah diproduksi di Leipzig sejak tahun 2002. Selepas tahun 2017 produksinya kemudian pindah ke pabrik milik Volkswagen Group di Bratislava, Slovakia.

Produk lain dari Porsche yang juga cukup sukses adalah Macan yang saat ini telah diproduksi secara penuh di Leipzig. Sebelumnya yakni tahun 2009 – 2016, pencetakan bodi masih dilakukan di pabrik Volkswagen Group yang ada di Hannover, Jerman.

Porsche Macan EV pun rencananya bakal diproduksi di Leipzig pada tahun 2024 mendatang. “Leipzig tak hanya menjadi bagian penting dari kesuksesan Panamera. Pabrik ini merupakan salah satu fasilitas manufaktur terbaik yang dimiliki Porsche,” papar Gerd Rupp, Chairman of the Management Board of Porsche Leipzig GmbH.

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x