Puluhan Tim Mau Riuhkan Mandalika di Shell Eco-marathon 2024

11 June 2024 | 7:00 pm | Aldi Prihaditama

Tahun ini, Indonesia kembali menjadi tuan rumah Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East, untuk ketiga kalinya sejak tahun 2022. Shell Indonesia mengumumkan waktu penyelenggaraannya, yaitu 2-6 Juli 2024, di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Lebih dari 80 tim pelajar dari 12 negara di kawasan Asia-Pasifik dan Timur Tengah akan ambil bagian. Tercatat sampai Juni 2024, lebih dari 40 tim pelajar dari Indonesia telah terdaftar untuk mengikuti kompetisi ini.

Mereka akan bertanding dengan tim lain yang berasal dari Arab Saudi, Brunei Darussalam, Filipina, India, Kazakhstan, Korea Selatan, Malaysia, Qatar, Thailand, Tiongkok, dan Vietnam.

Teknologi baru untuk hasilkan efisiensi maksimal

“Program ini mewujudkan semangat generasi muda untuk berinovasi dan berkolaborasi dalam menciptakan teknologi yang dapat mendorong efisiensi,” kata Susi Hutapea, Vice President Corporate Relations Shell Indonesia.

Berhasil menempati posisi keempat regional championship tahun 2023, Tim Arjuna UI akan berkompetisi di kategori Urban Concept dengan subkategori baterai elektrik.

Sedangkan, tim Bumi Siliwangi 2 UPI, pemenang posisi ketiga untuk subkategori bahan bakar hidrogen pada kategori Prototype tahun 2023, akan kembali berlaga pada kategori yang sama.

Dibagi atas tiga subkategori

“Kami akan membawa beberapa inovasi, di antaranya desain aerodinamika mobil baru serta peningkatan sistem propulsi dan sistem transmisi. Langkah ini nantinya juga dapat berkontribusi untuk transisi energi di Indonesia,” kata Zahran Mizuya, manajer tim Arjuna Universitas Indonesia.

Baca juga :  Jeep Wagoneer S, Mobil Listrik Baru Di Tengah Surutnya Minat

Untuk sumber energi yang digunakan dalam ajang ini, dibagi menjadi tiga subkategori. Mulai dari mesin pembakaran internal atau internal combustion engine (bensin, diesel, atau etanol), baterai elektrik, dan sel bahan bakar hidrogen.

Diadakan pula beberapa acara pendukung

Digelar pula berbagai rangkaian acara pendukung dalam pemberdayaan generasi muda. Sebut saja Shell LiveWIRE (program pengembangan wirausaha muda di bidang energi).

Lalu ada Shell NXplorers (program pendidikan untuk generasi muda tentang pemikiran kritis dan pemecahan masalah). Terakhir, Shell Indonesia Women’s Network (program diskusi dan pemberdayaan para siswa dalam menggali potensi masa depan).

Shell Eco-marathon sendiri menjadi kompetisi inovasi global yang menantang generasi muda untuk merancang, membuat, dan menguji kendaraan hemat energi. Program ini menyatukan keahlian dan ide dari mahasiswa seluruh dunia, untuk menghadirkan solusi energi yang inovatif serta lebih ramah lingkungan.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x