Resmi, Toyota Rangga Meluncur Sebagai Hilux Champ

28 November 2023 | 2:17 pm | Indra Alfarisy

Di Indonesia, mobil ini pasti lebih dikenal sebagai Toyota Rangga. Di Thailand, nama resminya adalah Hilux Champ dan mulai dijual sejak kemarin. Pikap ini akan jadi bagian penting bagi Toyota di negara-negara ASEAN dalam mendorong perekonomian.

Hilux Champ dengan basis platform IMV (Innovative International Multi purpose Vehicle) didaulat menjadi mobil komersial yang mudah didapat berkat harganya yang terjangkau. Ini karena tidak banyak teknologi rumit di dalamnya, tapi mobilnya didesain supaya bisa modular. Selain pikap, bisa dengan mudah diubah menjadi mobil box bahkan camper van atau mobil toko. Dan tidak perlu berharap ada double cabin. Ingat, ini mobil yang didesain untuk tidak ribet dan sederhana. Yang penting bisa diandalkan.

Hilux Champ model box

Toyota Motor Thailand memasarkan Champ dalam dua tipe. Long wheelbase atau short wheelbase (chassis pendek). Panjangnya, 4.970 mm untuk versi pendek, dengan jarak sumbu roda 2.750 mm. Versi long wheelbase ditambahkan panjang 330 mm. Menjadi 5.300 mm dengan jarak antar sumbu 3.080 mm.

Untuk penggerak, tersedia tiga pilihan mesin di negara itu. Yang pertama turbodiesel 2,4 liter menggunakan mesin 2GD yang menghasilkan 147,9 hp dan torsi 343 Nm untuk varian dengan transmisi manual. Versi metik torsinya 400 Nm. Lalu opsi mesin bensin terdiri dari 2,0 liter dan 2,7 liter.

Baca juga :  Turismo Piccolo dan Technica 150i, Andalan Baru Scomadi

Hilux Champ interior

Mesin bensin ini juga Anda pasti sudah kenal. Yang pertama adalah penggerak empat silinder 1TR-FE berkapasitas 2,0 liter. Tenaganya 137 hp dengan torsi 183 Nm. Transmisinya 5-speed manual. Yang kedua, 2TR-FE dengan kapasitas 2,7 liter bertenaga 163,6 hp dan momen puntir 245 Nm. Yang ini girboknya otomatis 6-speed.

Hilux Champ dipasarkan mulai dari (setara) Rp 198 jutaan hingga paling mahal Rp 255 jutaan di Thailand. Berapa di Indonesia? Kita tunggu saja.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x