Restomod Alfa Romeo Giulia GTAm, Harganya Bikin Sakit Mata

3 March 2024 | 10:32 am | Rizky Dermawan

Salah satu pusat perhatian di GIMS (Geneva Motor Show) 2024 adalah booth Totem Automobili. Spesialis restomod asal Italia ini didirikan oleh Riccardo Quaggio, seorang desainer otomotif. Mereka sukses dengan modifikasi Alfa Romeo Giulia versi EV pada tahun 2020, lalu GT Super Alfa Giulia GTA di tahun 2021.

Karya terbaru kali ini adalah mobil balap GTAm. Tentu, masih dalam bentuk Alfa Romeo Giulia.

Hasil gubahan Totem Automobili kali ini diberi nama GTAmodificata (Gran Turismo Alleggerita Modificata). Jika diterjemahkan artinya ‘grand touring yang ringan dan dimodifikasi’.

Alfa Romeo Giulia restomod

 

Tampilan eksterior sepintas tetap mengikuti pakem Alfa Romeo GTAm versi originalnya. Namun ternyata tidak demikian. Panel bodi yang aslinya berbahan aluminium diganti dengan serat karbon.  Terlihat jelas pada tekstur anyaman yang khas dari bahan serat karbon.

 

Lekukan bumper depan diubah dan dilabur warna biru. Fender depan dan bagian pinggul gembung widebody khas mobil balap GTAm tetap dipertahankan. Hanya sedikit dikemas ulang pada lekukan bagian buritan.

Agar tampil kekinian, seluruh sistem lampu depan dan belakang diganti versi LED. Sepasang lampu kabut tambahan khas mobil balap dan rally tak lupa dipasang di bawah bumper depan. Grille pun tak luput dari sentuhan ulang. 

Velg forged two-piece berdesasin ala velg racing magnesium Campagnolo khas GTAm bikin gaya tampilan jadi kian otentik.

Baca juga :  Seminggu Diluncurkan, Alfa Romeo Milano Ganti Nama Jadi Junior

Modifikasi Chassis

Rancang bangun sasis pastinya digarap ulang menjadi sasis monokok berbahan serat karbon. Lagi-lagi supaya ringan.  Sektor kaki-kaki pada bagian depan dan belakang kini menggunakan double-wishbone. Hanya saja tak dijelaskan racikan detail dari sistem suspensinya.

 

Sistem remnya dipercayakan pada Brembo. Cakram depan dicengkeram kaliper rem enam piston. Sedangkan cakram belakang diapit kaliper empat piston. Plus, ABS.

Mobil balap identik dengan mesin berperforma beringas. Sebongkah mesin 3.2-liter V6 twin-turbo racikan Italtecnica Engineering pun jadi pilihan. Mesin yang hanya berbobot 165 kg ini outputnya cukup beringas.

 

Muntahan tenaga sebesar 798 hp dan torsi maksimum 730 Nm bermain di rentang 3.500 – 6.000 rpm, sebelum mencapai putaran puncak 8.500 rpm. Transmisi sekuensial dan limited-slip differential menyalurkan daya ke roda belakang. 

Tampilan interior tak dipublikasikan. Hanya dikatakan jok balap berangka serat karbon berlapis kulit dan sabuk pengaman balap lansiran Sabelt jadi kelengkapan standar.

Hanya 5 unit saja yang akan dibuat. Harganya mulai dari €1,1 juta atau setara Rp 18,7 milyar! 

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x