Sebagai bentuk komitmen terhadap pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia, serta berperan aktif dalam membangun industri otomotif nasional, RMA Indonesia, selaku Agen Pemegang Merek (APM) resmi Ford di Indonesia, resmi meluncurkan program tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR), bertajuk Technical and Vocational Education and Training (TVET) – Ford Class.
Program ini menggandeng brand Ford dan berfokus pada penguatan pendidikan vokasi di bidang Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Termasuk pemberian kesempatan magang inklusif secara gratis bagi siswa-siswi SMK. Inisiatif ini merupakan langkah RMA Indonesia untuk menjawab tantangan dunia kerja, yang menuntut keterampilan teknis, kesiapan industri, dan kualitas sumber daya manusia sejak dini.
Ada Puluhan Siswa Yang Terpilih
Sebagai proyek percontohan (pilot project), Ford Class pertama dilaksanakan bersama SMKN 35 Jakarta Barat. Dengan seremoni simbolis peluncuran pada 16 Juli 2025. Selama dua bulan ke depan, 22 siswa/siswi terpilih dan tiga guru pendamping, akan mengikuti pelatihan intensif sebanyak dua kali dalam seminggu.
Materi yang diberikan mencakup pengantar teknologi dan fitur kendaraan Ford. Praktik langsung menggunakan unit Next-Gen Ford Everest Titanium dan Next-Gen Ford Ranger Raptor. Dilanjutkan pembekalan seputar industri otomotif dari para profesional RMA Indonesia dan jaringan dealer Ford.
Kesempatan Magang di Dealer Ford
Nantinya empat siswa terbaik dan tiga guru terpilih dari program ini, akan mendapatkan kesempatan magang eksklusif di dealer resmi Ford, sebagai jalan masuk langsung ke dunia kerja profesional.
TVET Ford Class bukan hanya sekadar pelatihan teknis, melainkan bentuk nyata kepedulian RMA Indonesia terhadap masa depan generasi muda Indonesia. Salah satu nilai utama dari program ini adalah inklusivitas. Sebab program ini terbuka bagi siswa laki-laki dan siswa perempuan, untuk terlibat aktif dalam dunia otomotif.
“RMA Indonesia percaya bahwa pendidikan adalah dasar utama dalam membangun masa depan industri otomotif Indonesia. Melalui TVET Ford Class, kami ingin memberikan kontribusi nyata. Dengan menghadirkan pelatihan yang relevan dan akses industri bagi generasi muda,” kata Toto Suharto, Country Manager RMA Indonesia.
Pemilihan Jakarta dan Surabaya sebagai lokasi awal pelaksanaan program, didasarkan pada pertimbangan strategis. Jakarta memiliki dua dealer aktif (Mampang dan Tomang), yang siap mendukung praktik magang. Sedangkan Surabaya, yang bakal menjadi lokasi berikutnya, memiliki jangkauan strategis ke wilayah timur Indonesia, termasuk Bali.
Kedua kota ini juga memiliki konsentrasi sekolah kejuruan yang tinggi, dan populasi usia produktif yang besar. Sehingga menjadikannya ideal sebagai pusat pengembangan SDM vokasi unggulan.
Program TVET Ford Class merupakan bagian dari roadmap strategis jangka panjang RMA Indonesia. Bertujuan untuk membangun ekosistem SDM berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan industri, untuk mendukung ekspansi kegiatan bisnis dan operasional Ford di Indonesia.